Kejaksaan Negeri Tetap Kawal Anggaran Percepatan Covid-19

KBRN, Purwokerto : Berbagai langkah strategis Kejaksaan RI di tengah penanganan pandemi Covid-19 juga diterapkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banyumas.

Selain melaksanakan pengaturan bekerja mengedepankan social dan phyisical distancing, juga mempedomani Instruksi Jaksa Agung agar jajarannya mempertimbangkan penangguhan penahanan dengan melakukan koordinasi terlebih dahulu bersama pimpinan.

Demikian diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Banyumas Eko Bambang Marsudi, SH MH dalam dialog Jaksa Menyapa di RRI bersama Siska Kurnia, Kamis (24/4/2020).

“Tugas pokok kejaksaan harus tetap dapat dilaksanakan dalam pandemi Covid-19, diantaranya melakukan sidak melalui video conference. Jadi kami bisa menyaksikan hakim dengan terdakwa dan juga saksi, serta pengacara dalam video conference,“ ungkap Kepala Kejari (Kajari) Banyumas Eko Bambang Marsudi.

Menurut Eko, jam kerja dan pembagiannya di lingkungan Kejaksaan juga sama dengan instansi lain, dimana sebagian mengikuti work from home .

Menyinggung pengawalan dana percepatan penanganan pandemi Covid-19, sesuai ketentuan, akan dilakukan revisi dan pergeseran anggaran yang diarahkan untuk penanganan Covid-19 . 

“Anggaran-anggaran yang dilakukan pergeseran hampir semuanya, menyangkut fisik dan kami selalu ikut terlibat dalam pembahasan-pembahasan revisi pergeseran anggaran,“ tambah Eko .

Khusus  soal tugas tugas intilijen Kejaksaan selama pandemi Covid-19, dijelaskan Kasi intelijen Nizar Febriansyah, tetap dilaksanakan dengan menyesuaikan protokol Covid-19 .

“Jadi beberapa persidangan kami hadir melalui system video conference  dengan tetap mematuhi protap persidangan,“ kata Nizar Febriansyah.

Sementara itu Kasi Datun Delfi Tri Mariono mengungkapkan dalam situasi seperti ini pihaknya melakukan pendampingan hukum dalam bidang perdagangan dan jasa terutama bila terjadi permasalahan hukum yang mungkin dialami oleh Pemkab Banyumas .

“Apalagi ada dana alokasi khusus sekitar Rp 55 miliar untuk percepatan penanganan Covid-19, kami siap memberi saran, masukan dan pendampingan agar tidak ada yang menyalahi aturan,“ ujar Delfi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00