Seleksi Anggota PPS di Sumenep Masuk Tes Wawancara

Para Komisioner KPU Sumenep saat rapat kordinasi persiapan wawancara calon PPS dengan Panitia Pemilihan Kecamatan, Selasa (17/1/2023). (Foto: Faisal Warid/RRI)

KBRN, Sumenep: Sebanyak 2.778 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur masuk tahap tes wawancara. Para peserta dari 334 Desa dan Kelurahan ini sebelumnya lulus tes tulis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Seleksi PPS tahap wawancara secara serentak akan dilangsungkan pada 18 hingga 20 Januari 2023. "Mulai besok tes wawancara yang didelegasikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah mulai digelar,” kata Komisioner KPU Sumenep Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Rafiqi, Selasa (17/1/2023).

Ia menjelaskan, tes wawancara dilaksanakan di masing-masing Sekretariat PPK sesuai wilayah calon anggota PPS. KPU telah melakukan rapat kordinasi mengenai kesiapan pelaksanaan tes wawancara bersama PPK.

Materi yang akan diujikan meliputi pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independensi, dan profesionalitas. ”Selain itu, calon anggota PPS akan diklarifikasi tentang rekam jejak, masukan serta tanggapan dari masyarakat,” ucapnya.

Rofiqi mengatakan, KPU menyaring enam orang dengan menetapkan tiga orang peringkat teratas sebagai calon anggota PPS definitif. Sementara tiga orang lainnya sebagai calon pergantian antar waktu (PAW). 

Total jumlah PPS yang dibutuhkan KPU untuk Pemilu 2024 sebanyak 1.002 PPS. ”Direncanakan tanggal 24 Januari 2023 PPS di tiap Desa dan Kelurahan sudah terbentuk,” katanya mengakhiri.