Lemkapi Puji Langkah Kapolda Riau Tangani Karhutla

Lemkapi Puji Langkah Kapolda Riau Tangani Karhutla.

KBRN, Pekanbaru: Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memuji langkah Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau. 

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengatakan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau terbaik dibandingkan wilayah lainnya. Apalagi semenjak hadirnya aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang sudah diadopsi se Nusantara. 

"Dashboard lancang kuning banyak sekali mendapat apresiasi dari masyarakat. Aplikasi ini bukan hanya dipakai di Polda Riau tetapi semua Kementerian, pimpinan di pusat sudah banyak menggunakan ini. Banyak juga Kapolda yang belajar ke Polda Riau untuk mempelajari apa yang sudah dilakukan selama ini," ungkap Edi, usai menghadiri simulasi penanganan karhutla di Kampung Pangkalan Pisang, Kecamatan Koto Gasip, Kabupaten Siak, Selasa (18/8/2020).

Dikatakan Edi, tingkat kepuasan masyarakat terhadap penanganan karhutla di Riau mencapai 83,6 persen. Angka ini dinilai tinggi dibandingkan daerah lainnya yang juga mengalami kebakaran hutan dan lahan," sebutnya. 

Sementara Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengaku kolaborasi harus ditingkatkan antara sistem dan sumber daya manusia. 

"Saat ini diperlukan kolaborasi yang mantap yaitu antara sistem, teknologi dan sumber daya manusia itu harus dalam satu genggaman. Itulah dashboard Lancang Kuning," sebut Kapolda. 

Sejauh ini dikatakan Kapolda, tidak ada kendala penggunaan aplikasi dashboard Lancang Kuning. 

"Sejauh ini tidak ada kendala," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00