Heboh, Rombongan Moge Masuk Tol Pekanbaru- Bangkinang

Rombongan motor gede (moge) melintasi Tol Pekanbaru-Bangkinang pada Sabtu (2/67/2022) kemarin.

KBRN, Pekanbaru: Rombongan pengendara motor gede (moge) melintas di tol Pekanbaru- Bangkinang bikin heboh. Diketahui rombongan turut dikawan kepolisian dari Ditlantas Polda Riau, Sabtu (2/7/2022) kemarin.

Ruas Tol Pekanbaru- Bangkinang sempat dibuka untuk uji coba saat arus mudik lebaran 2022. Namun saat ini jalur tol sudah ditutup.

Salah seorang warga, Idon (32) mengatakan suara yang dihasilkan dari kendaraan moge saat melintas mengganggu pengendara lainnya.

“Ini moge yang dikawal polisi. Sumpah sakit telinga ku dibuat suara knalpotnya,” ujar Idon

Terkait kehebohan ini, kepolisian dari Ditlantas Polda Riau angkat bicara. Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Riau, Kompol Ruri Prastowo mengatakan kendaraan diperbolehkan melintasi tol Pekanbaru-Bangkinang setelah mendapatkan izin dari pihak pengelola tol.

“Jalan yang dilintasi adalah jalan proyek jalan tol yang masih dalam pengerjaan. Sehingag siapa saja boleh lewat dengan seijin Hutama Karya dengan persyaratan tertentu terutama faktor keamanan pengguna jalan karena jalan tersebut masih dalam pengerjaan untuk faktor keamanan maka dilakukan pengawalan,” ungkapnya, Minggu (3/7/2022).

Dikatakan Ruri, jalan yang dilintasi tersebut belum merupakan jalan tol karena belum berbayar dan masih menjadi jalan khusus.

“Kewenangan keluar masuk lokasi adalah tergantung kepada pihak pembuat jalan tersebut. Hal ini berdasarkan UU No 22 tahun 2009 pasal 1 angka 12 adalah jalan yang sudah dipergunakan untuk lalu lintas umum,” sebutnya.

Sementara itu pihak tol juga membenarkan rombongan moge ini masuk ruas tol Pekanbaeu-Bangkinang. "Izin kami jawab bahwa foto (Moge) itu benar di ruas tol Pekanbaru-Bangkinang yang belum beroperasi. Ini adalah rombongan Moge Dirlantas Polda Jawa Barat," ucap VP Komunikasi Korporat PT Hutama Karya (Persero), Intan Zania.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar