Preman Pasar Baru Pungli ke PKL Ditangkap

Preman Pasar Baru kutip uang ke PKL ditangkap polisi

KBRN, Pekanbaru: Polsek Tampan menangkap tiga orang sindikat pungli dan pemerasan di Pasar Baru, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau. 

Ketiga pelaku kerap meresahkan pedagang dengan memungut pungutan secara ilegal dan menguasai lapak di lokasi Pasar Baru. 

Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita mengatakan 

Berawal dari informasi masyarakat bahwa sudah lama dikutip uang lapak, kebersihan dan keamanan. Kemudian kita lakukan penyelidikan dan didapati dua pelaku yang sedang memungut uang kepada pedagang. 

"Pelaku AP khusus uang kebersihan, sedangkan BR pungut uang keamanan. Mereka berdua ini disuruh oleh seseorang berinisial BY yang masih buron dan RI," ujar Kapolsek dalam keterangan persnya, Kamis (24/6/2021). 

Dari tangan pelaku turut diamankan blangko yang dicetak sendiri. Serta kwitansi uang lapak tahunan sekitar Rp5-7 juta. 

"Kegiatan ini sudah dilakukan pelaku sejak 2013 lalu. Kita sudah lakukan pemeriksaan dan informasi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan bahwa tidak ada kutipan di sana, mereka ilegal," lanjut Kapolsek. 

Adapun pungutan uang yang dilakukan pelaku diantaranya uang kebersihan dan keamanan sekitar Rp2.000.

Kini ketiga pelaku sudah diamankan di Polsek Tampan dengan pasal 335 KUHP tentang pengancaman dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00