Disnaker Riau Kumpulkan Sembako Dari Perusahaan

KBRN, Pekanbaru : Menindaklanjuti laporan masyarakat bahwa  disnaker Riau mengumpulkan sembako dari perusahaan , Komisi V DPRD mengelar rapat dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Riau,kamis kemarin.

Adapun pokok pembahasannya yang dibahas salah satunya berkaitan dengan surat permintaan sembako oleh Disnakertrans pada perusahaan yang ada di Riau.

Anggota komisi V DPRD Riau  Kasir jumat,(06/05/21) mengatakan ,dalam rapat itu dewan mempertanyakan soal surat partisipasi permintaan sembako oleh Disnakertrans Riau kepada perusahaan di Riau terkait apa dasar hukum dan legal standingnya mereka meminta sembako.

“apa yang dilakukan Disnakertrans itu sebagai bentuk gratifikasi dan ilegal karena menggunakan kekuasaan untuk menekan perusahaan,”kata Kasir.

Menurut Kasir, kesimpulannya  mereka meminta sembako pada perusahaan itu adalah Ilegal karena tidak ada  dasar hukumnya dan sebagai pejabat pemerintah tidak boleh melakukan hal demikian.

“Dalam rapat tersebut selain surat dari Disnakertrans, juga ada surat permintaan Sembako lainya dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kehutanan (DLHK) dan Dinas Perkebunan provinsi Riau,”jelas anggota Komisi V DPRD Riau.

Diakui Kasir penghimpunan sembako setiap perusahaan memang baik,tapi kalau tidak diikuti dengan niat yang baik tentu saja melanggar aturan. Dan jika ingin membantu masyarakat kurang mampu tambah politisi Hanura ini pemerintah hendaknya bisa menggunakan APBD Riau.

“Dan kami juga mempertanyakan sembako yang diminta setiap perusahaan untuk masyarakat kurang mampu ini dibagikan kepada siapa? dan saya curiga dibagikan pada tim-tim mereka saja,”ungkap politisi Hanura.

Diberitakan sebelumnya surat permintaan bantuan sembako oleh Disnakertrans Provinsi Riau kepada perusahaan bocor dikalangan awak media. Dalam surat itu berbunyi bahwa pemerintah Riau ingin membagikan sembako pada masyarakat yang kurang mampu dan meminta perusahaan agar dapat berpartisipasi mensukseskan program tersebut. 

"Pemerintah provinsi Riau ingin membagikan sembako pada masyarakat yang tidak mampu di wilayah Provinsi Riau untuk itu diminta partisipasi saudara dalam  mendukung program tersebut,"bunyi surat  dengan perihal partispasi tersebut.

Masih dalam surat yang ditandatangani kepala Disnakertrans Riau Jonli itu juga dibunyikan sembako yang dibutuhkan itu setiap paketnya berisi beras, gula, minyak goreng dan mie instan dengan jumlahnya diserahkan pada perusahaan tersebut. (lisa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00