Jajaran Bawaslu Riau Kunjungi RRI Pekanbaru

KBRN, Pekanbaru : Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau yang terdiri dari komisioner Amiruddin Sijaya, Hasan dan Gema Wahyu Adinata serta jajaran sekretariat Bawaslu Riau, Senin (27/6/2022) mengunjungi kantor LPP RRI Pekanbaru dalam rangka meningkatkan literasi kepemiluan dan pengawasan paritisipasif.

Kedatangan itu disambut oleh Kepala Stasiun LPP RRI Pekanbaru, Ahmad Bahri dan jajaran, seraya mengadakan pertemuan dan dikusi terkait pengawasan dan Pemilu di ruang rapat kantor RRI Pekanbaru.

Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Riau, Amiruddin Sijaya menjelaskan kehadiran ke RRI Pekanbaru dalam rangka melakukan penguatan dan kerja sama dalam menyongsong Pemilu dan pemilihan serentak 2024 agar dapat membangun demokrasi di Riau.

"Memang selama ini pun kerjasama antara Bawaslu dengan RRI sudah terjalin dengan baik, kami dari Bawaslu sering menjadi nara sumber di RRI. Namun perlu ditingkatkan sehubungan dengan luasnya jangkauan siaran RRI," jelasnya.

Dikatakan, Bawaslu akan menjalin kerja sama dengan berbagai media massa, di antaranya RRI, TVRI, dan media cetak di Riau.

"Alhamdulillah RRI Pekanbaru menyambut baik kedatangan kami. Ke depan kita harus mementingkan kerja sama dalam hal menjelaskan kepada masyarakat informasi benar  atau tidak benar alias hoaks," katanya.

Bagja berharap dengan adanya kerja sama dengan media mainstream dalam menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 dapat membangun demokrasi. Terlebih, dalam membantu Bawaslu melawan berita bohong (hoaks) yang banyak di media sosial.

"Kami berharap seluruh pemberitaan dapat membangun demokrasi di Indonesia dan dari pembicaraan tadi akan mengadakan beberapa kerjasama terutama literasi digital," ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Bahri mengatakan sebagai radio publik, RRI Pekanbaru memberikan ruang dan waktu melalui siaran untuk turut mencerdaskan masyarakat tentang demokrasi dan kepemiluan. Selama ini RRI memiliki banyak program dan siaran untuk meningkatkan literasi Pemilu seperti goes to campus, goes to school dan program lainnya.

"Intinya kami siap bekerja sama. Kami siap menjadi lembaga penyiaran dalam pengawasan dan itulah fungsi kami dan untuk MoU kami juga siap," ucapnya.

Dalam perbincangan dengan suasana santai dan akrab, pihak RRI dan Bawaslu Provinsi Riau sepakat menjalin kerjasama yang lebih formal melalui perjanjian kerjasama yang akan disepakati untuk menyosongsong pemilu dan pilkada serentak 2024. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar