Tingkatkan Pengawasan Partisipatif Bawaslu Riau Jalin kerjasama bersama UIN Suska Riau

KBRN, Pekanbaru : Bawaslu Provinsi Riau melakukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. UIN Suska Riau merupakan Perguruan Tinggi pertama dikunjungi pada Tahun 2022 ini. Selanjutnya juga diagendakan kunjungan yg sama di Universitas dan Perguruan Tinggi lainnya.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Neil Antariksa, A.Md., SH., MH didampingi Kepala Bagian Pengawasan, Tarmizi menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kerjasama ini. Neil menyampaikan “jelang dimulainya tahapan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024, kami bermaksud menjalin kerjasama/ Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa Universitas dan perguruan tinggi di Riau.

MoU ini bermaksud meningkat Partisipasi masyarakat pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024″ ujar Neil, dalam Media Center Bawaslu Riau, Minggu (15/5/2022).

Kunjungan Bawaslu Riau disambut baik oleh Wakil Rektor 3, Edi Erwan dan Kasubbag Kerjasama, Amiruddin.

Wakil Rektor 3 menyambut baik kedatangan Bawaslu Riau terkait kerjasama yang akan dilakukan ini. Hal ini disampaikannya saat pertemuan berlangsung, selain itu juga membicarakan beberapa program yang bisa dilakukan antara UIN Suska dengan Bawaslu Riau.

Neil menyampaikan bahwa banyak kegiatan yang bisa kita lakukan, diantaranya ialah Pelatihan, Sosialisasi kepada masyarakat dan KKN Tematik. Kerjasama ini juga dapat dikembangkan lebih luas ke arah pengembangan pendidikan lainnya.

“Dari kerjasama ini diharapkan bukan hanya Dosen yg ikut dalam program-program peningkatan pengawasan partisipatif, tetapi mahasiswa juga ikut dalam program-program yang akan dijalankan nantinya.” sambungnya

Kunjungan ini juga diiringi dengan penyusunan draft kerjasama antara UIN Suska dan Bawaslu Provinsi Riau. Draft ini nantinya akan dijadikan landasan kerjasama yang akan dilaksanakan dan dipatuhi bersama oleh kedua belah pihak.

Neil berharap agar nantinya kerjasama antara Bawaslu Riau dan UIN Suska Riau dapat terus berlangsung,bukan hanya hingga Pemilu 2024 tetapi hingga seterusnya. Dengan adanya kerjasama ini pengawasan partisipatif dalam pengawasan Pemilu dan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar