Pengawasan Partisipatif Salah Satu Kunci Pengawasan Pemilu dan Pemilihan 2024

KBRN, Pekanbaru : Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar lembaga Bawaslu Riau, Neil Antariksa, A.Md., SH., MH menyebutkan bahwa Pengawasan Partisipatif adalah satu kunci dari suksesnya pengawasan Pemilu dan Pemilihan pada tahun 2024. Hal ini disampaikan beliau ketika mengisi materi pada kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif dalam rangka menghadapi Pemilu serentak Tahun 2024 yang diadakan oleh Bawaslu Kabupaten Pelalawan, Kamis (12/5/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa perwakilan organisasi masyarakat, perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa di Pelelawan, serta aparat Lurah. Kegiatan ini diadakan di Grand Hotel Pangkalan Kerinci sejak pukul 08.00 hingga selesai.

Kegiatan ini bertujuan agar membulatkan kesiapsiagaan masyarakat sebagai pengawas partisipatif dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2024 yang sebentar lagi tahapannya akan dimulai.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan awal dari persiapan Bawaslu Kabupaten Pelalawan menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024 dengan mewadahi masyarakat guna meningkatkan pengawasan partisipatif.

Selain Bawaslu Provinsi Riau kegiatan ini juga diisi oleh pemateri lain yaitu Ketua KPU Kabupaten Pelelawan, Wankardi Wandi serta Kepala Bidang Penegakkan Peraturan Perundang-undangan, Leo Agusta.

“Pengawasan partisipatif yang dilaksanakan oleh masyarakat di Kabupaten Pelelawan ini harus ditingkatkan. Hal ini mengingat sesuai dengan Indeks Kerawanan Pemilu di tahun 2019, bahwa Pelalawan berada di tingkat kerawanan sedang dan berada di urutan ke-5 paling rawan di Provinsi Riau. Sehingga sangat penting untuk mengawal pesta demokrasi ini agar tidak terjadi celah untuk kecurangan” ungkap Neil dalam pemaparan materinya.

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab oleh peserta dan pemateri. Pada akhir kegiatan Neil menyampaikan agar Bawaslu Kabupaten Pelelawan dapat bekerja sama dengan seluruh jajaran stakeholder di Kabupaten Pelelawan demi menjaga kebebasan serta kejujuran dalam keberlangsungan Pemilu serentak tahun 2024 nanti. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar