Kelas SLDPR ke-6 Bahas Pemilih, Pemerintah dan TNI/Polri

KBRN, Pekanbaru : Kelas Sekolah Literasi Demokrasi Perempuan Riau (SLDPR) Tahun 2021 memasuki pertemuan ke-6, Rabu (26/1/2022). Kelas yang diselenggarakan melalui Zoom Meeting ini menghadirkan pemateri dari Komisioner KPU Kota Dumai, Siti Khadijah dan Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni dengan tema Pemilih, Pemerintah dan TNI/Polri.

Komisioner KPU Kota Dumai, Siti Khadijah dalam pemaparannya fokus pada topik tentang bagaimana hak politik setiap warga negara di mata hukum.

“Setiap warga negara memiliki hak politik yang sama di mata hukum, baik untuk dipilih dan memilih sesuai ketentuan yang berlaku,” urai Siti Khadijah.

Selain itu dia juga menjelaskan bahwa, setiap warga negara terbebas dari segala bentuk diskriminasi, sehingga berhak menentukan pilihannya dalam politik.

“Begitu juga dalam hal untuk dipilih. Peraturan dan perundang-undangan menyediakan ruang bagi setiap warga negara untuk ikut berkompetisi dalam Pemilu/Pilkada,” jelasnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni memberikan materi tentang peran pemerintah dalam Pemilu/Pilkada antara lain : peran penganggaran mulai dari menyusun, mengendalikan, mengesahkan dan menjalankan melalui persetujuan DPR.

“Peran berikutnya adalah kewajiban untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal ini melakukan sosialisasi,” papar Beni.

Selain itu, peran pemerintah dalam Pemilu/Pilkada adalah bagaimana menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) selama proses penyelenggaraan berlangsung.

“caranya dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan dan regulasi yang melarang agar ASN tidak terpengaruh untuk memberikan dukungan ke salah satu pihak dalam Pemilu/Pilkada,” jelasnya.

Kelas SLDPR tampak berjalan lancar dalam kendali Moderator dari Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, KPU Kabupaten Indragiri Hulu, Ronaldi Ardian. Kelas belajar yang berlh kurang 90 menit tersebut diikuti oleh 240 peserta dari 12 kabupaten/kota se Riau dan panitia SLDPR yang terdiri dari komisioner perempuan KPU Se-Riau dan Sekretariat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar