Bawaslu Beri Keterangan Tertulis Secara Lengkap

KBRN, Pekanbaru : Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu dan Rokan Hulu sudah memberikan keterangan tertulis dan lisan secara lengkap dalam persidangan sengketa hasil pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK) termasuk juga menyerahkan data kepada majelis hakim MK sesuai dengan perkara yang disengketakan.

Hal itu dikatakan oleh anggota Bawaslu Riau, Amiruddin Sijaya, setelah tiba di Pekanbaru, usai mengikuti persidangan di MK, Kamis (4/3/2021).

Dia menjelaskan keterangan tertulis sudah disampaikan jauh – jauh hari sebelumnya, karena sejak bulan Januari 2021, jajaran Bawaslu kabupaten/kota membuat draf yang kemudian diverifikasi secara berjenjang mulai dari Bawaslu provinsi hingga Bawaslu RI.

"Sbagai pihak pemberi keterangan di sidang MK, kami dari Bawaslu daerah juga menyiapkan dokumen hasil pengawasan daftar pemilih tetap, data pelanggaran protokol kesehatan dan laporan terkait netralitas aparatur sipil negara yang terjadi selama tahapan pilkada serentak 2020. Data - data itu diharapkan bisa menjadi keterangan, baik bagi pemohon, pihak terkait maupun majelis sidang," jelasnya.

MK telah menggelar sidang pemeriksaan perselisihan hasil Pilkada 2020. Pemeriksaaan dilakukan terhadap puluhan sengketa, dua diantaranya dari Riau yaitu PHP Pilkada Inhu dan PHP Pilkada Rokan Hulu.

PHP Pilkada Rohul Diperiksa MK

Majelis hakim MK, Rabu (3/3/2021) memerika sejumlah saksi dan ahli dalam lanjutan persidangan kasus perselisihan Pemilu Pilkada Kabupaten Rokan Hulu secara langsung dan dalam jaringan. Saksi yang diperiksa salah satunya, Lister Situmorang yang dihadirkan pemohon.

Lister Situmorang menjelaskan salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lokasi perusahaan Torganda ditutup sebelum jam 11 sedangkan pemilih disuruh untuk memanen buah.

"Masih jam 10.30 WIB, jadi saya tanya, kok ngak mencoblos, mereka menyebutkan disuruh memanen," ungkapnya.

Sedangkan itu, Hendri Jamal selaku salah soerang Ketua PPS Desa Tambusai Utara yang dihadirkan termohon juga menjelaskan tentang proses pemungutan suara di sejumlah TPS.

"Selama proses pemungutan dan penghitungan suara, bejalan lancar dan tidak ada satupun saksi pasangan calon yang protes," jawabnya.

Disisi lain, Ketua Bawaslu Rohul, Fajrul Islami Damsir menjelaskan banyak laporan dan temuan khususnya di 25 TPS yang dilaporakn Paslon permohon.

Setelah persidangan pemeriksaan saksi dan saksi ahli, sengekta PHP Kabupaten Rokan Hulu, agenda sidang berikutnya pembacaan putusan yang di jadwalkan 19 - 24 Maret 2021. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00