Satu Bapaslon Pilkada di Riau Belum Menjalani Tes Kesehatan

KBRN, Pekanbaru : Salah satu bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti 2020 yang terkonfirmasi positif Covid-19, belum bisa menjalani persyaratan tes kesehatan. 

"Dapat kami kabarkan perkembangan terkini per tanggal 14 September 2020 bahwa Pemeriksaan kesehatan Bapaslon telah dilaksanakan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru dari tanggal 6-11 September 2020. Dari Jumlah 34 Bapaslon di 9 Kab/Kota se-Provinsi Riau, yang memenuhi syarat (MS) pemeriksaaan Kesehatan sebanyak 33 Bapaslon. Jadi dari total Bapaslon tersebut, masih kurang 1 Bapaslon di Kabupaten Kepulauan Meranti yang masih ditunda Pemeriksaan Kesehatannya," kata komisioner KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto, Senin (154/9/2020). 

Dikatakan, penundaaan pemeriksaan kesehaan tersebut disebabkan salah satu bapaslon masih terkonfirmasi positif Covid19. 

"Berdasarkan peraturan dan persyaratan pelaksanaan tes kesehatan harus menyertakan hasil swab negatif Covid-19. Karena bapaslon tersebut hasil Swabnya positif, maka tidak diperkenankan untuk mengikuti tes kesehatan. Jadi nanti yang bersangkutan ini akan mengikuti tes kesehatan lanjutan hingga ada bukti swab yang menyatakan bapaslon itu negatif," dalihnya.

Dijelaskan Nugroho Noto Susanto, meskupun yang terkonfirmasi positif hanya salah satu orang dari bapaslon tersebut, namun sesuai aturan dalam pemenuhan persyaratan pencalonan, semua harus dilakukan secara berpasangan. Artinya, pasangannya ini juga harus mengikuti, dan menunda tes kesehatan.

“Memang untuk yang satunya negatif, namun tidak mungkin Bapaslon hanya satu orang. Makanya kami tunda pelaksanaan tes kesehatannya,” terangnya.

Tahapan selanjutnya adalah merupakan perbaikan dan verifikasi dokumen yang sudah dilakukan oleh KPU kabupaten/kota di Riau. Sedangkan dari Penelitian dokumen syarat calon yang telah memenuhi syarat (MS) Penelitian awal satu Bapaslon di Kabupaten Siak dan satu Bacalon Wakil Walikota di Kota Dumai. 

"Bagi Bapaslon yang Belum Memenuhi Syarat (BMS) akan melakukan perbaikan dokumen sesuai dengan saran perbaikan yang disampaikan KPU Kab/Kota yang menyelenggarakan Pilkada 2020 di Provinsi Riau," ungkapnya. 

Sedangkan waktu perbaikan dokumen dan penyerahan dokumen perbaikan sesuai PKPU 5/2020 dijadwalkan pada 14 sampai dengan 16 September 2020. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00