Satu Bakal Calon Kepala Daerah di Riau Kemungkinan Mendaftar Secara Virtual

KBRN, Pekanbaru : Satu bakal calon kepala daerah di Provinsi Riau kemungkinan akan mendaftar secara virtual.  Hal itu dilakukan jika bisa datang ke kantor KPU untuk mendaftar karena melaksanakan isolasi mandiri sehubugan dengan yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid 19.

Hal itu dikatakan oleh anggota KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto saat ditanyakan Bakal Calon Kepala Daerah yang tengah melakukan isolasi mandiri saat ini sementara waktu pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah sudah dimulai dan hanya berlangsung selama tiga hari.

"Apabila ada Bapaslon yg positif covid, maka pendaftaran diterima tetapi tanpa kehadiran yang bersangkuta, Bisa digunakan vidio call untuk memastikan eksistensi calon tersebut," jawabnya, Kamis (3/9/2020).

Dikatakan, konsekuensi lain dari hal itu, maka pemeriksaan kesehatan ditunda, sampai selesai masa isolasinya dan tes swab kembali dilakukan dengan hasil negatif

.

"Setelah yang bersangkutan selesai melakukan isolasi mandiri, lalu melakukan tes swab yang hasilnya negatif baru dilakukan pemeriksaan kesehatan," tambahnya.

Menurut Nugroho Noto Susanto, KPU tetap melanjutkan tahapan dengan penelitian dokumen, namun dilaksanakan paling lambat 20 hari sejak pemeriksaan kesehatan.

"Jadi kemungkinan yang terjadi adalah tahapan penetapan Paslon yang bersangkutan tanggal 23 September akan terlampaui. Jadi harus dibuat tahapan baru khusus untuk peristiwa seperti ini," urainya.

Sebelumnya diberitakan untuk pertama kalinya, kepala daerah di Riau terkonfirmasi virus Corona.

"Informasi per hari ini di Provinsi Riau terdapat penambahan 106 kasus terkonfirmasi COVID-19. Kabar baiknya, terdapat penambahan 10 pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh," kata Kadinkes Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada wartawan, Rabu (2/9/2020).

Salah satu pasien terkonfirmasi Corona yang merupakan salah satu kepala daerah di Riau dan diperkirakan yang bersangkutan akan mendaftar kembali sebagai calon kepala daerah tidak dibantah.

Dalam rilis tertulis pasien nomor 2.015 terkonfirmasi COVD-19 di Riau adalah Tuan S (61). Disebutkan Tuan S merupakan warga Kabupaten Rokan Hilir.

Tuan. S (61) melakukan pemeriksaan swab di Kota Pekanbaru pada tanggal 31 Agutus. Saat ini sudah melakukan isolasi mandiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00