Jaga Pemilu Perkuat Sentra Gakkumdu Untuk Pilkada Serentak 2020

KBRN, Pekanbaru : Bawaslu Riau, Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si. resmikan Jaringan Pesepeda Keluarga Pengawas Pemilu (Jaga Pemilu) Provinsi Riau, pada hari Jumat tanggal 14 Agustus 2020 yang lalu. Peresmian dilaksanakan di kantor Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau jalan Adi Sucipto No. 284 Komplek Transito, Pekanbaru.

Kegitan di ikuti kurang lebih 100 orang peserta sepeda dari unsur Kepolisian, Kejaksaan dan Peserta dari unsur Bawaslu Riau.

Sebelum acara dibuka, Kapolda didampingi oleh Wakapolda Riau Brigjen. Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si. menyaksikan kesiapan ruang Sentra Gakkumdu Bawaslu Riau.

Kegiatan diawali laporan dari Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Riau, Gema Wahyu Adinata.

Gema menjelaskan ada 3 lembaga penegak hukum pemilu yang dikoordinasikan dalam sebuah wadah yang disebut dengan Sentra Gakumdu. Dimana dalam Sentra Gakumdu, Bawaslu sebagai gerbang pertama dalam penerimaan dugaan laporan pelanggaran pemilu dibantu oleh kepolisian dan kejaksaan dalam mengkaji suatu pelanggaran. maka dari itu, kegiatan seperti ini menjadi simulasi yang menciptakan soliditas dalam sentra gakumdu.

Lanjut Gema menjelaskan bahwa secara umum, Pelaksanaan Pilkada 2020 di Provinsi Riau dapat berlangsung secara kondusif. Dan ini merupakan komitmen bersama antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan Provinsi Riau.

Gema berharap, kedepannya angka pelanggaran pemilu di provinsi Riau turun.

“Saya berharap, kedepannya angka pelanggaran pemilu di provinsi Riau turun.” tuturnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan. Rusidi menyampaikan dalam bahwa Jaringan Pesepeda Keluarga Bawaslu Provinsi Riau yang disingkat dengan “Jaga Pemilu” merupakan sebuah program Bawaslu RI. Bertepatan dengan kunjungan Kapolda, Rusidi meminta Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya untuk meresmikan Program tersebut di Provinsi Riau.

“Bertepatan dengan Supervisi Kapolda terhadap kesiapan Sentra Gakumdu Provinsi Riau, saya meminta agar bapak dapat meresmikan program Jaga Pemilu di provinsi Riau yang merupakan sebuah program Bawaslu RI.” pintanya.

Dalam Supervisinya, Kapolda Riau Agung Setya mengatakan bahwa untuk menciptakan kondisi yang kondusif pada dinamika pemilihan Tahun 2020, merupakan tugas kita yang harus dijalani dengan tanggung jawab secara bersama. Hal ini dilakukan agar Pemilihan dapat berlangsung secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (Luber Jurdil), sehingga dapat terpilih pemimpin-pemimpin daerah yang berkualitas.

“Sudah tugas dan kewajiban kita untuk menciptakan suasana kondusif pada pemilihan 2020. Hal ini dilakukan agar Pilkada dapat berjalan secara Luber Jurdil. Sehingga nantinya akan terpilih pemimpin-pemimpin daerah yang berkualitas,” ungkap Kapolda Riau. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00