Rekapitulasi KPU Inhu, Satu Bapaslon Ditetapkan MS

KBRN, Pekanbaru : Berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu (Inhu) terhadap rekapitulasi dukungan terhadap Bakal Pasangan Calon (Paslon) dari jalur independent atau perseorangan pada hari Selasa tanggal 21 Juli 2020, Rezita Meylani dan Junaidi Rachmat (Rajut) ditetapkan Memenuhi Syarat (MS) dukungan dan berhak mendaftar melalui jalur perseorangan.

Hal itu dikatakan oleh Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida SE MM, Rabu (22/7/2020) melalui sambungan telepon. 

Dia menyampaikan, bahwa berdasarkan hasil rekapitulasi dukungan dari dua bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Inhu dari jalur perseoragan, hanya pasangan Rezita Meylani dan Junaidi Rachmat (Rajut) yang MS dukungan dan berhak mendaftar melalui jalur perseorangan.

"Rekapitulasi yang dilakukan berjalan lancar. Walau adanya keberatan dari bakal pasangan calon Nurhadi dan Toni Sutianto," kata Yenni Mairida.

Yenni M Menjelaskan, terdapat enam poin keberatan yang di sampaikan oleh bakal Paslon Nurhadi dan Toni Sutianto (Nurani). Namun Bapaslon Nurani masih belum memenuhi syarat minimal dukungan, yakni sebanyak 24.395.

"Jumlah dukungan pasangan Nurhadi dan Toni yang harus di verifikasi sebanyak 28.344. Mmemenuhi syarat sebanyak 21.717. Jadi masih kurang 2678," jelasnya.

Bakal Paslon Nurani diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan, mulai tanggal 25 Juli - 27 Juli 2020.

"Syarat dukungan yang harus di perbaikai sebanyak dua kali 2678. Sesuai aturannya maka syarat dukungan yang harus dipenuhi sebanyak 5356 dukungan," tambahnya.

Sedangkan berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan jumlah dukungan Rajut yang MS sebanyak 30.782 dari 39.583 dukungan yang harus diverifikasi faktual.

"Syarat dukungannya sudah terpenuhi dan sudah bisa digunakan untuk mendaftar pada tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020," jelas Yenni.(TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00