KPU Riau Rumuskan Konsep Materi Pendidikan Pemilih

KBRN, Pekanbaru : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau memuruskan konsep materi pendidikan pemilih di tengah pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan 2020 yaitu masih merebaknya virus covid 19. KPU Provinsi Riau sudah meminta masukan dari para pihak terkait yang merupakan pilihan dalam merumuskan konsep tersebut. Sebab Pilkada serentak lanjutan 2020 memiliki tantangan tersendiri karena dilaksanakan di era tatanan kehidupan baru atau new normal.

Komisioner KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto menjelaskan untuk meningkatkan tingkat partispasi masyarakat terutama dalam pemilihan serentak tahun 2020, KPU Provinsi Riau telah melaksanakan Rapat Diluar Kantor (RDK) yang membahas konsep materi pendidikan pemilih.

"Berbagai masukan dan saran atau usulan materi yang kami dapatkan itu merupakan ide yang baik dan simple karena menjadi sangat penting dalam menyusun sebuah konsep materi pendidikan pemilih, karena Pilkada 2020 harus mendapat perlakuan khusus sehingga saat sosialisasi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat atau pemilih," katanya, Senin (13/7/2020).

Dikatakan, KPU Riau akan menyampaikan ide-ide kreatif yang disampaikan agar KPU kabupaten/kota dapat merespon dengan program atau kegiatan berkelanjutan.

"Karena memang secara teknis dan penganggaran berada di KPU kabupaten/kota. Tapi KPU Riau akan mendorong hal itu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham M Yasir saat pembukaan RDK menjelaskan diperlukan sebuah inovasi baru untuk meningkatkan partispasi pemilih di tengah pandemi covid 19.

"Untuk meningkatkan tingkat partispasi masyarakat terutama dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020, KPU Provinsi Riau melaksanakan RDK yang membahas konsep materi Pendidikan Pemilih," ujarnya.

Saat RDK, KPU Riau melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partispasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Riau mengundang banyak pihak.

"Materi yang baik dan simple menjadi sangat penting dalam menyusun sebuah konsep materi Pendidikan Pemilih," tambahnya.

Nugroho Noto Susanto yang merupakan Divisi Sosialisasi KPU Provinsi Riau Darmawan mengatakan bahwa diperlukan sebuah inovasi baru untuk meningkatkan partispasi pemilih.

KPU RI telah menetapkan target partispasi pemilih secara nasional sebesar 79% sedangkan untuk Riau ditargertkan tidak jauh berbeda dengan target secara nasional.

Finalisasi konsep materi Pendidikan Pemilih Pemilihan Serentak Tahun 2020 dalam rangka meningkatkan partisipasi ditengah pandemi covid 19. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00