KPU Riau Berkunjung ke Bawaslu Riau

KBRN, Pekanbaru : KPU Riau berkunjung ke Bawaslu Riau dalam rangka rangkaian kunjungan muhibah KPU Riau ke beberapa lembaga instansi.

Bawaslu merupakan mitra utama kami dalam penyelenggaraan Pemilu maupun Pemilihan (baca:Pilkada).

"Usai melaksanakan tahapan Pemilihan serentak 2020, tentu KPU Riau mengucapkan terima kasih atas sinergi positif sepanjang pelaksanaan Pilkada 2020.

Dalam amatan kami, Bawaslu senantiasa memberikan pengawasan melekat dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020," kata anggota KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, Jumat (25/6/2021).

Dikatakan, saat pertemuan, berlangsung diskusi informal maupun formal dalam menghadapi berbagai dinamika penyelenggaraan Pilkada lalu, tentu menyisakan berbagai evaluasi dan refleksi.

"Banyak capaian positif, tentu juga tidak kurang catatan perbaikan untuk pelaksanaan Pilkada atau Pemilu 2024.

Obrolan utama lain yang kami tengahkan, soalan Badan Koordinasi Kehumasan. KPU RI melalui surat 172 dan 244 tahun 2021 memberi arahan kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk memperkuat Bakohumas. Dalam rangka penguatan Bakohumas itulah, kami berkunjung ke berbagai lembaga Instansi untuk belajar.

KPU Riau sengaja datang ke Bawaslu Riau meminta masukan, pandangan, serta belajar praktik baik Bawaslu Riau dalam mengelola kehumasan," ungkapnya.

Diakui, sambutan dari jajaran Bawaslu Riau sangat baik dan mendukung Bako Humas KPU.

"Alhamdulillah lima komisioner Bawaslu Riau memberikan banyak masukan dan pemikiran yang konstruktif terkait maksud kedatangan kami.Dua lembaga penyelenggara Pemilu di Riau ini patut bersyukur, karena ketua lembaga tersebut memiliki latar belakang seorang jurnalis," ungkapnya.

Sebelum di KPU, Pak Ilham M. Yasir adalah wartawan, sedangkan Rusidi Rusdan merupakan awak media Azam Riau.

"Pak Ilham bergabung ke Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI), pernah menjabat sebagai Ketua AJI Pekanbaru, sedangkan Pak Rusidi bergabung ke Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Tentu saja forum tadi sebenarnya forum untuk menyerap kembali pengetahuan, pengalaman dua orang putera Riau terbaik itu di dunia jurnalistik. Dan kami, khususnya saya, banyak sekali menyimak, belajar, mencatat berbagai pandangan dan pengalaman dua orang senior penyelenggara Pemilu di bumi Lancang kuning," ucapnya.

Dalam pandangan Neil Antariksa dan Amiruddin Sijaya, sepanjang dua pimpinan tersebut mengabdi sebagai awak media, mereka berdua telah mempraktikkan jurnalisme yang berintegritas.

Di antara beberapa tantangan penguatan Bakohumas yang dicatat dalam pertemuan itu diantaranya yaitu, 1. Kapasitas sumber daya manusia pegawai sekretariatan; 2. Pelatihan atau Bimbingan Teknis kehumasan; 3. Postur anggaran; 4. Saluran informasi yang digunakan baik media utama atau media sosial serta laman resmi; 5. Konteks era digital yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia, termasuk tantangan merebaknya fenomena Hoaks, Fake News, Post Truth Society (Masyarakat Pasca Kebenaran); dan 6. Fenomea Buzzer politik yang turut mendera lembaga penyelenggara Pemilu.

"Kami mengucapkan Terima Kasih kepada Abang-abang kami, rekan-rekan Bawaslu Riau yang telah menyambut kami dengan penuh kehangatan," tambah Nugroho Noto Susanto.

Rusidi Rusdan selaku ketua Bawaslu Riau berujar, "Kami siap mendukung dan berbagi pengalaman baik dalam tata kekola kehumasan".

Pertemuan itu diikuti jajaran Parmas KPU Riau yang dipimpin Kabag Hukum dan Humas Serketariat KPU Riau, Nirson, dan jajaran. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00