KPU Rohul Pastikan Penerima Formulir C Merupakan Pemilih

KBRN, Pekanbaru : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) memastikan warga atau masyarakat yang menerima formulir c atau undangan memilih adalah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Rohul 2020.

Begitu juga dengan pemilih lainnya yang tidak terdaftar dalam DPT tetapi menggunakan hak pilih pada hari pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020 lalu.

Hal itu disampaikan Divisi Hukum KPU Rohul, Azhar Hasibuan yang saat ini berada di wilayah Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, dalam rangka mengawal pendistribusian logistik termasuk Formlur C saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (19/4/2021).

"Kami jajaran KPU Rohul dan jajaran PPK, tengah berada di lokassi, yang akan memastikan pendistribus formulir c yaitu undangan pemilih. Undangan diberikan kepada orang yang menerima yang merupakan pemilih yang terdaftar dalam DPT dan masih memiliki hak pilih," jelasnya.

Bagi pemilih yang tidak lagi berhak milih sepeti meninggal dunia atau pindah alamat (domisili) nama tidak lagi diberikan undangan memilih.

"Distribusi logistik itu tanggal 20 April 2021 dari kantor KPU ke kantor desa, lalu dari desa ke lima lokasi yaitu Perkebunan Batang Tumu dan Rantau Sakti. Jadi kami sudah dibagi timnya, timnya dipencar ke berbagai arah seperti Karya Perdana dan lainnya untuk memastikan undangan itu sampai kepada pemilih," ucapnya.

Menurutnya, jajaran KPU Rohul dan sekretariat sudah berada di lokasi dan akan tetap berada disana sampaia hari H untuk mengawal semua tahapan.

"Kami berkantor di Rantau Sakti, yaitu Sekretariat PPK. Sejauh ini kendala, Alhamdullilah tidak ada, karena kehadiran kami disini untuk memastikan bahwa yang menerima model c adalah orang yang menggunakan hak pilih yang terdaftar dalam DPT. Karena seperti di TPS 30 ada dua meninggal pemilih dunia dan ada juga yang sudah tidak lagi ditempatnya, jadi undangan formulirnya tidak didistribusikan," jelasnya.

Namun sesuai dengan sosialisasi sudah dilakukan, bagi pemilih yang belum mendapatkan undangan, namun pada hari H pemilihan, Rabu tanggal 21 April 2021 berada di lokasi atau di Tempat Pemungutan Suara (TPS) maka tetap diberikan undangan agar memilih. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00