Sidak ke Rutan Siak, Kakanwil Kemenkumham Riau Tegaskan Ini Pegawai

Kakanwil Kemenkumham Riau Mhd Jahari Sitepu melakukan pemeriksaan kamar hunian warga binaan Rutan Siak

KBRN, Pekanbaru: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Tahanan Negara Jelas II B Siak Sri Indrapura, Senin (27/6/2022).

Diawali dengan mengunjungi dapur, Kakanwil memastikan proses pembuatan makanan untuk Warga Binaan bersih dan sehat. 

“Jaga kebersihan, kesehatan Warga Binaan menjadi tanggung jawab kita. Berikan pelayanan yang terbaik. Termasuk dalam mengolah makanan. Jangan gunakan minyak secara berulang-ulang dan pastikan semua bahan makanan dicuci dengan bersih,” pesan Jahari.

Pemantauan kemudian dilanjutkan menuju kantin. Kepada petugas kantin Kakanwil berpesan untuk selalu menggunakan E-money demi mencegah terjadinya pungutan liar. “Biasakan melakukan transaksi melalui e-money. Peredaran uang tunai di Rutan sama sekali tidak diperbolehkan karena potensial menjadi dasar terjadinya pungli dan judi diantara Warga Binaan,” tambah Kakanwil.

Kakanwil juga memastikan fasilitas pengamanan dalam kondisi baik. Mulai dari pemasangan kawat berduri di tembok pembatas, sampai kepada mekanisme penjagaan oleh regu jaga. Demi meningkatkan pemahaman seluruh jajaran, beliau melanjutkan kegiatan dengan memberikan penguatan di Aula Kantor dan diikuti oleh seluruh pegawai yang ada di Rutan Siak. 

“Ada 3 poin penting yang ingin saya sampaikan kepada rekan-rekan sekalian. Yang pertama, terkait penyerapan anggaran. Ini sudah memasuki pertengahan tahun, perhatikan kembali program-program mana saja yang belum rampung. Kerjakan sesegera mungkin,” jelasnya.

Kedua, terkait deteksi dini. Seluruh jajaran Pemasyarakatan harus peka membaca situasi. Jika ada hal-hal mencurigakan segera laporkan kepada atasan untuk ditindaklanjuti. 

“Ketiga paling utama terkait pemberantasan narkoba. Khusus untuk pemberantasan narkoba, saya tidak pernah main-main. Jangan pernah kalian mencoba untuk bermain-main dengan narkoba dan memasukkan HP. Kalau berani bermain dengan narkoba akan saya copot seragam (pecat) kalian!,” tekan Jahari.

Selain itu, Kakanwil mengingatkan kepada seluruh pegawai yang hadir untuk saling bersinergitas kepada instansi penegak hukum lainnya. Dalam menutup kunjungannya, Kakanwil mengajak seluruh pegawai Rutan Siak untuk selalu bekerja secara maksimal agar target kinerja yang ditetapkan dapat tercapai dengan sempurna.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar