Asprov PSSI Riau Segera Buka Pendaftaran Liga 3 dan Piala Soeratin

KBRN, Pekanbaru : Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Riau akan segera menggulirkan Liga 3 dan Piala Soeratin U-17, U-15 dan U-13. Pendaftaran tim peserta dibuka pada 20 - 29 Agustus dan diagedakan kegiatan dilaksanakan pada pekan keempat bulan September atau awal Oktober 2022.

" Kick off Liga 3 akan dimulai pekan keempat September atau Awal Oktober. Ini rencana dari PSSI yang berkaitan dengan kompetisi liga 3 PSSI Riau. Berkesinambungan dengan itu kita juga akan langsung memutarkan kompetisi Piala Soeratin U-17, U-15 dan U-13. Kami berkeinginan kompetsi ini lebih mempunyai nilai, karena kita memiliki beberapa Konsep terhadap kompetsisi tahun ini yang berkaitan dengan bagaimana ini menjadikan sepakbola indutri di riau sendiri," kata ketua Asprov PSSI Riau Edward Riansyah, Senin (15/8/2022).

Dari jumlah tim yang mendaftar, akan didapat nantinya skema kompetisi, apakah tiga tuan rumah atau di bagi menjadi empat zona di babak penyisihan group. Sebelum kick off, Asprov PSSI Riau akan menggelar workshop terkait dengan kesehatan, manajer meeting dan BPJS tenaga kerjaan. Selain itu, Asprov PSSI Riau musim ini juga menambah persyaratan bagi klub peserta. Yakni harus mendaftarkan tim, baik pemain maupun official ke BPJS Ketenagakerjaan. Tujuannya, agar ada jaminan kesehatan.

“Kita juga telah menjalin komunikasi dengan beberapa pihak ketiga baik sponsor maupun lainnya. Seperti dengan BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi persyaratan nanti di kompetisi liga 3 tahun ini. Karena berkaitan dengan pengalaman kita di tahun sebelumnya, seperti kejadian almarhum Taufik yang saat itu menjadi tanggung jawab penuh klub. Kita kasihan juga kepada klub yang menanggung segala risiko yang terjadi pada seluruh pemain. Makanya kami menambahkan beberapa poin penting dalam pendaftaran," ungkapnya.

Terkait jaminan ketenagakerjaan ini, pihaknya bukan ingin memberatkan tim, tapi ini akan memberikan dampak positif untuk insan sepakbola yang ada di Riau baik itu pelatih, pemain maupun official. Pendaftaraan tim ke BPJS Ketenagakerjaan merupakan syarat penting. Seban sepakbola saat ini menjadi sebuah profesi.

"Kita kan gak tahu kejadian apa yang akan terjadi di pertandingan atau di dalam perjalanan bergulirnya kompetisi. Ini juga akan kita berlakukan kepada seluruh perangkat kita juga, seperti wasit, Pengawas Pertandingan, juga pada seluruh official. Kita gak tahu akan ada kerusuhan atau tidak, jika ada kan ini sudah tercover oleh Asuransi yang kita kerjasamakan," sebutnya.

Sementara itu, Exco Asprov PSSI Riau Bidang Kompetisi Bambang Pratama mengatakan pihaknya membuka ruang kepada klub yang ingin ikut dalam kompetisi liga 3. Sesuai dengan statuta, harus ada pengetatan terkait masalah administrasi yang sedikit terabaikan.

"Untuk syarat administrasi juga nanti bisa dilakukan pendampingan atau supervisi dari teman-teman Asprov khsususnya yang berada di bidang organisasi atau sepakbola. Kemudian karena ini kita buka lebar, akan ada sanksi pada saat macet di jalan. Ini akan kami sampaikan di regulasi," sebutnya.

Biaya pendaftaran, untuk klub baru sebesar Rp 11 juta yang terdiri dari uang pendaftaran Rp 1 juta, iuran tahunan Rp 5 juta dan uang jaminan Rp 5 juta. Sedangkan biaya pendaftaran klub lama yakni Rp 10 juta yang terdiri dari uang iuran Rp 5 juta dan uang jaminan Rp 5 juta.

"Kita tidak membandingkan dengan pengurus lama, tapi kita membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi Liga 3. Karena kita membuka lebar dan administrasi kita perketat, tentu akan ada sanksi. Kita akan berbicara tentang regulasi, kita juga akan berbicara tentang fair play, keamanan dan keselamatan pemain. Kemudian kita juga akan bicara soal kompetensi terkait ilmu pengetahuan dan regulasi yang update terkait liga 3," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar