Persani Riau Targetkan Emas Al Syiva Zahra di Indonesia Open Artistic Gymnastics 2022

KBRN, Pekanbaru: Pengurus provinsi (Pengprov) Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani) Provinsi Riau mengikutsertakan satu pesenam junior binaannya atas nama Al Syiva Zahra mengikuti kejuaraan "Indonesia Open Artistic Gymnastics 2022"  yang berlangsung di Sport Centre - British School Jakarta, pada tanggal 1 hingga 3 juli 2022 di Jakarta.

Keberangkatan pesenam berusia 11 tahun ini di dampingi pelatih Dedi Apriandi dan di lepas langsung oleh Ketua Pengprov Persani Riau, Hj Novilia serta pelatih kepala Ahmad Markos, Kamis (30/6/2022).

Usai acara pelepasan, Hj Novilia mengatakan, sebelum mengikuti kejuraan Syiva telah menjalani program latihan secara intensive yang di pusatkan di Hall Senam Sport Center Rumbai, Pekanbaru. Jajaran pelatih sudah menyiapkan Atlet ini dari jauh hari sehingga bisa mewakili Persani Riau.

 “Atlet kita mengikuti kejuaraan "Indonesia Open Artistic Gymnastics 2022" di Jakarta pada tanggal 1-3 Juli mendatang. Mudah-mudahan apa yang sudah ditargetkan oleh kita insya Allah bisa terwujud dan tercapai. Segala sesuatu yang dihasilkan oleh atlet kita ini akan kita terima. Namun tentu kita memiliki target. Pelatih kepala kita Pak Markos menargetkan emas," ujar Novilia, Kamis (30/6/2022).

Disampaikan Novi, untuk peserta dalam kejuraan tersebut bukan hanya diikuti para pesenam dari Indonesia saja. Akan tetapi diikuti pesenam dari negara-negara Asia. Untuk itu ajang kali ini juga merupakan uji coba bagi Syiva dalam membuktikan bahwasanya atlet Persani Riau bisa bersaing di ajang internasional.

"Mudah-mudahan ini bisa terwujud dengan harapan doa dari kita semua terutama perhatian dari pemerintah melalui KONI Riau dan juga Dispora Riau. Itulah harapan kita," ungkapnya.

Di jelaskanya, walaupun saat ini kepengurusannya baru terbentuk dan belum dilantik, tetapi Persani Riau berusaha untuk mensukseskan dan membina para atlet. Kedepannya, bukan hanya di Indonesia Open ini saja yang diikuti, namun ada event nasional dan internasional lainnya yang akan diikuti. Ditambah lagi dalam waktu dekat akan ada agenda daerah yaitu Porprov di kabupaten Kuantan Singingi.

"Persani Riau sudah diperhitungkan di tingkat nasional, kenapa tidak di daerah kita mencari dan melahirkan bibit baru. Itu mungkin yang akan menjadi agenda kepengurusan baru nanti. Tentunya itu bisa dilakukan dengan kekompakan dan kebersamaan semua, insya Allah semua program akan bisa dijalankan dengan ringan," harapnya.

Kepada Atlet yang akan berangkat, Novi berpesan selamat berjuang. "Kita selalu mendoakan, kalian adalah duta Persani Riau. Terus tingkatkan kepercayaan diri, jaga kondisi dan kesehatan. Insya Allah akan menjadi juara," ucapnya.

Deddi Apriandi selaku pelatih mengatakan Al Syiva Zahra nantinya akan turun di 5 nomor yaitu All Around, Balok keseimbangan, lantai, meja lompat dan juga palang bertingkat.

"Untuk target kita tidak muluk-muluk yaitu 1 emas dulu. Tapi kalau lebih, itu adalah bonus. Peluang ini diharapkan dapat di raih dari nomor kuda lompat serta balok keseimbangan yang menjadi nomor andalan Syiva," sebutnya.

Sementara itu Pelatih Kepala Persani Riau Markos mengatakan atlet yang dikirim saat ini adalah atlet Junior.

"Pertama kali kita ikut untuk yang atlet Junior dan ini dapat dukungan dari kepengurusan yang baru. Persiapan ini sebenarnya sudah lama dan kita mengharapkan target medali sesuai dengan apa yang saya inginkan kepada pelatih yang menangani yaitu Deddi. Bagaimana saya kemarin tidak pernah tidak mendapat medali, jadi saya turunkan regenerasi ini harus bertanggungjawab untuk pembinaan atlet ini," sebutnya.

Markos menjelaskan di ajang tersebut Syiva akan turun di 5 nomor. Yakni, Al around,  Balok keseimbangan, alat lantai,  palang bertingkat, serta kuda lompat.

"Mudah-mudahan dalam perjuangan di balik keseimbangan bisa mendapatkan suatu hasil yang terbaik. Selain itu Syifa juga saya targetkan untuk persiapan Olympic yang akan dipantau langsung oleh PB. Karena ini sebagai seleksi atlet Junior untuk persiapan Olympic. Meski persaingan akan cukup ketat, namun dengan kemampuan yang syiva miliki Persani Riau optimis pesenam junior Riau kita mampu memberikan penampilan terbaiknya, " pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar