Resmi Dikukuhkan, Pengurus KONI Pekanbaru Optimis Rebut Juara Umum Porprov X Riau

KBRN, Pekanbaru: Pengurus KONI Kota Pekanbaru periode 2022-2026 di bawah kepemimpinan Muhammad Yasir resmi dilantik, Senin (20/6/2022) malam, yang dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum KONI Riau Iskandar Hoesin.

Dalam acara pelantikan yang berlangsung di Ballromm Grand Elite Hotel tersebut,  juga dihadiri Sekdako Pekanbaru M Jamil, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau Boby Rahmat, mantan Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama, Azwendi, Novfrizal, Koni Kabupaten/Kota Riau, serta pengurus cabor di bawah keanggotaan KONI Pekanbaru.

Pelantikan berlangsung meriah dengan menampilkan sejumlah atraksi dari berbagai cabang Olahraga bela diri seperti Taekwondo, Kempo dan  juga Tarung Derajat. Selain itu dalam penyambutan tamu, panitia juga menampilkan atraksi laga dari olahraga pencak silat.

Ketua KONI Pekanbaru M Yasir mengatakan, dirinya sangat mengharapkan pembangunan olahraga yang berkelanjutan, sehingga mencapai puncak prestasi olahraga. Menurtnya dalam membangun prestasi olahraga di Pekanbaru tidak bisa sendiri, namun kerjasama dengan semua elemen, pengurus, cabor, atlet, pelatih, pemerintah, dan bahkan dunia usaha. "Saya selaku Ketua Umum KONI Pekanbaru senantiasa menaruh perhatian terhadap pertumbuhan dan pengembangan prestasi olahraga di Pekanbaru. Saya sangat mengharapkan peran serta cabang olahraga yang ada di Kota Pekanbaru untuk bersama memajukan olahraga di Kota Pekanbaru," ujar Ketua KONI Pekanbaru M Yasir, Senin (20/6/2022) malam.

Ia mengatakan, hal tersebut sesuai dengan apa yang menjadi visinya yakni, terwujudnya organisasi KONI Kota Pekanbaru yang bermarwah, solid, profesional dalam pembinaan atlet yang terencana guna mencapai prestasi yang gemilang di ajang single ivent, multi ivent dan juga internasional.

"Dan juga untuk misinya yakni membangun hubungan kerjasama yang harmonis antara pemerintah daerah dengan jajaran KONI Pekanbaru dalam pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga di daerah. Membangun sinkronisasi antara pengurus cabang olahraga dengan jajaran KONI Pekanbaru dalam melakukan pembinaan prestasi olahraga dengan sistem yang terencana, berkelanjutan dan bertanggungjawab," ungkapnya.

Ia mengatakan dalam Porprov Kuansing yang akan digelar November mendatang, KONI Pekanbaru menargetkan dapat meraih 105 medali emas. "Dapat saya sampaikan berdasarkan hasil Rakerprov, ada 27 cabor yang akan dipertandingkan pada Porprov Kuansing. Kita targetkan bisa meraih 105 emas dari iven tersebut. Untuk mewujudkannya antara KONI dengan Cabang olahraga juga harus  bersinergi dalam menjalankan program kerja KONI ke depannya. Program kerja ini merupakan kerja tim dan bukan kerja kelompok. Untuk itu dalam hal ini kiranya Walikota Pekanbaru dapat mensuport penuh, sehingga juara umum Porprov bisa kembali ke Kota Pekanbaru," harapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus KONI Pekanbaru. Kepercayaan dan  keterpilihan Ketua dan juga pengurus untuk terlibat dalam memajukan olahraga Pekanbaru adalah sebuah amanah  mulia. Dengan dilantik dan dikukuhkannya pengurus yang baru, ini adalah tantangan agar Kota Pekanbaru lebih mampu melahirkan atlet-atlet berpretasi, mengharumkan nama Provinsi Riau baik iven nasional maupun Internasional.

"Sebagai Ibu Kota Provinsi, tentunya Pekanbaru merupakan barometer kemajuan olahraga di Provinsi Riau. Hal ini didasari oleh tersedianya fasilitas pendukung, pengetahuan sport science yang memadai, akses informasi yang cepat serta kesadaran masyarakat yang tinggi atas pentingnya prestasi olahraga. Untuk itu, sesuai dengan amanat UU Nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan, yang menyatakan bahwa setiap Pemerintah daerah  kabupaten/kota wajib mengelola paling sedikit 2 cabang olahraga unggulan yang bertaraf nasional dan internasional sesuai dengan potensi yang ada di daerahnya. Maka Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi, mungkin tidak hanya 2, paling tidak 5. Ada lima cabor unggulan yang perlu dibina semaksimal mungkin," ungkapnya.

Cabang Olahraga unggulan yang secara nasional dan juga internasional adalah cabang olahraga yang ditetapkan Design Besar Olahraga Nasional (DBON) yang lahir karena dipandang perlunya arah kebijakan pembinaan pengambangan keolahragaan nasional jangka panjang secara terintegrasi serta dinilai sebagai bagian dari perubahan pembinaan prestasi olahraga. "Kami mohon dukungan dan arahan Pj Walikota agar pembinaan olahraga bisa berjalan maksimal. Dan untuk pengurus KONI Pekanbaru yang baru dilantik, kami mengajak marilah bahu membahu, bersinergi membangun kemajuan olahraga prestasi untuk Kota Pekanbaru dan juga Provinsi Riau yang kita cintai ini," tutupnya. (rls)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar