Presma UIR Puji PerjuanganLAMR Rebut Blok Rokan

KBRN, Pekanbaru : Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Islam Riau (UIR) periode 2020, Boy Novyanto memuji perjuangan yang dilakukan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) untuk memiliki saham di Blok Rokan sehingga bisa bersama-sama Pertamina mengelola lapangan minyak terbesar di Indonesia itu. 

"Ini sebuah pencapaian yang luar biasa yang dilakukan oleh LAMR karena perjuangan yang dilakukan selama tiga tahun sudah diambang kesuksesan menuju kemakmuran masyarakat Riau. Selaku mahasiswa kami akan tetap  berjuang bersama untuk mendapatkan hak masyarakat Riau yang harusnya ini didapatkan sejak lama,” kata Boy Novianto, di Pekanbaru, Jumat (26/2/2021).

Menurut Boy, mahasiswa sebagai generasi intelektual penerus tongkat estafet Bangsa tidak pernah tinggal diam mulai mendirikan republik ini, mengusir penjajah, menegakkan tonggak reformasi termasuk memikirkan Blok Rokan, ladang minyak yang juga terbesar di ASEAN ini setelah ditinggal Chevron.

"Kita patut bangga jika Blok Rokan bisa diambil alih dan bisa direbut dari asing. Ini saatnya kita masyarakat Riau yang akan mengelola dan harus menikmati hasilnya demi memakmurkan rakyat Riau. Terutama untuk pendidikan masyarakat Riau dan meminimalisir tingkat kemiskinan di Riau," kata Boy.

Menurut Boy, selama ini masyarakat Riau hanya sebagai penonton melihat kekayaan Bumi Lancang Kuning dikeruk dan tidak ada perhatian kusus untuk masyarakat Riau sendiri.

Boy mengatakan bahwa hal ini juga dapat sebagai contoh bagi daerah-daerah lain yang mempunyai kekayaan sumber daya alam (SDA) melimpah, namun masyarakat di sekitarnya tidak dapat menikmati kemakmuran yang harus didapat.

Boy juga berharap kepada Pertamina ke depan sesuai dengan janjinya untuk memberdayakan masyarakat Riau, tidak ada alasan untuk tidak memperkerjakan sumber daya manusia (SDM) anak-anak Riau.

Selain itu, bisa dilakukan pelatihan secara terstruktur jika itu alasannya dan juga mahasiswa Riau khususnya harus diizinkan dan bahkan direkomendasikan untuk melakukan penelitian dan magang di perusahaan yang akan mengelola Blok Rokan.

“Hidup Mahasiswa. Hidup LAMR. Kembalikan Blok Rokan ke Riau. Makmurlah masyarakat Riau,” ujarnya. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00