Semua Daerah di Riau Setujui Pembentukan TP2DD

KBRN, Pekanbaru : Semua daerah di Provinsi Riau menyetujui dan sepakat dengan pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) walaupun saat ini di wilayah Provinsi Riau belum satupun  daerah membentuk TP2DD.

Hal itu merupakan salah satu butir kesepakatan pertemuan dan rencana tindak lanjut kick off meeting pembentukan TP2DD yang dipimpin oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Decymus, Selasa (23/2/2021).

Dikatakan, persetujuan pemda di Riau dalam rangka meningkatkan hasil pemetaan menggunakan Indikator Capaian Elektronifikasi (ICE). Dari 542 Pemda di Indonesia, seluruh Pemda telah melewati tahap pertama. Sampai bulan Mei 2020, sebanyak 75 Pemda atau 13,83 persen masuk tahap ketiga dan 467 Pemda atau 86,16 persen berada di tahap kedua.

"Saat ini untuk posisi Riau memiliki indeks sebesar 2,35 dari skala satu sampai 5 atau masih dalam tahap dua." jelasnya.

Dalam rangka percepatan TP2DD yang akan diimplementasikan seluruh pemerintah daerah di Riau, kondisi saat ini yang masih perlu dibenahi adalah elektronifikasi pada sisi incoming atau pendapatan dan sisi outgoing atau pengeluaran.

Persetujuan dari pemerintah daerah disampaikan oleh Asisten II Setdaprov Riau, Eva Revita yang juga mengikuti pertemuan tersebut.

"Pemerintah daerah di Riau akan merealisasikan tersebut, apalagi elektronifikasi sudah dimulai sejak 2017. Jadi sangat setuju dengan elektronifikasi itu, termasuk juga didukung pemerintah kabupaten/kota," katanya.

Penerapan sistem elektronifikasi melalui digitalisasi didukung PT Bank Riau Kepri, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengantisipasi perkembangan di masyarakat apalagi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah merupakan solusi untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari mengatakan pihaknya akan memfasilitasi ETP di seluruh daerah di Riau.

"Kami dibantu Bank Indonesia akan menyiapkan infrastrukturnya," ucapnya.

Pada kesempatan itu, sharing dan diskusi mengenai ETP dan TP2DD dalam rangka membahas implementasi ETP, dan upaya percepatan pembentukan TP2DD, juga dihadir oleh Kakanwil DJPB Riau, Ismed Saputra yang menyampaikan pendapat dan testimoni. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00