Posko Aman J3K Gojek Cegah Penyebaran Covid 19 

KBRN, Pekanbaru : Aksi Jaga Kesehatan, Jaga Jebersihan, dan Jaga Jeamanan (J3K) yang diterapkan Gojek sejauh ini terbukti mampu mencegah penyebaran pandemi Virus Covid 19. Sebab semua mitra Gojek wajib menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah Covid 19. Sehingga setiap saat, Posko Aman J3K Gojek Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru selalu dikunjungi para mitra Gojek.

Seperti Selasa (20/10/2020), para mitra silih berganti berdatangan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan serta mendapatkan masker.

Hanif, seorang mitra Gojek kepada RRI mengatakan semenjak pandemi merebak dan didirikannya posko aman itu selalu didatanginya minimal satu kali dalam satu pekan.

"Ya bang, datang untuk memeriksakan diri, di cek suhunya, karena kalau penyemprotan disinfektan terhadap kenderaan itu dilakukan satu kali dalam satu pekan, sudah beberapa hari lalu," katanya.

Menurutnya, setelah dari posko aman, selaku mitra Gojek, perasaan menjadi teguh dalam memberikan layanan kepada pelanggan, sebab setelah melalui serangkaian pemeriksaan di posko aman, hampir dipastikan sudah aman dari covid 19.

Di tempat terpisah, Hasan, yang juga mitra GoCar mengakui Posko Aman J3K Gojek selalu menjadi tempat yang wajib dikunjungi agar terhindar cari Covid 19. Sebab di posko aman itu, tidak hanya tubuh pengemudi, tetapi tubuh kenderaan juga dibekali agar mitra dan pelanggan terhindar dari penularan Covid 19.

"Kalau kita tidak ke posko aman, kita khawatir juga, merasa was-was, karena kan virus itu tidak kelihatan, tetapi setelah kita diberikan maskes dan dicek suhu tubuh, maka kita pastikan kita aman, sehingga tidak akan menularkan kepada pihak lain," ungkapnya.

Sementara itu, Gilang Ibnu Afiff di ruang kerjanya, Selasa (20/10/2020) menjelaskan bahwa Gojek terus berinovasi agar tetap menjadi andalan masyarakat dan mitra, beradaptasi pada tatanan kehidupan baru. Salah satu inovasinya, dengan menerapkan protokol jaga kesehatan, jaga kebersihan, dan jaga keamanan (J3K). 

“Jadi di sana kami melakukan cek suhu tubuh untuk driver, kami melakukan disinfeksi kendaraan, di sana kami juga mendistribusikan berbagai macam paket kesehatan seperti masker, dan hand sanitizer,” ujarnya.

Dikatakan, sejak awal pandemi, Gojek telah melakukan berbagai penyesuaian yang mengedepankan aspek kesehatan pada setiap layanan. 

“Sejak memasuki tatanan hidup baru, Gojek terus berinovasi untuk mendukung masyarakat menjalankan kesehariannya dengan mengedepankan tiga aspek utama, yaitu kesehatan, kebersihan, dan keamanan,” katanya.

Posko Aman J3K, merupakan program Gojek dalam menerapkan gaya hidup sehat, terutama bagi para mitranya yang melayani para pelanggan setiap hari. Salah satunya dengan mewajibkan pengecekan suhu tubuh bagi mitra driver serta kewajiban pengecekan suhu tubuh bagi karyawan mitra usaha GoFood. 

"Posko Aman J3K Gojek Cegah Penyebaran Pandemi Covid 19, sejauh ini terbukti mampu mencegah penularan Covid 19, sebab sampai saat ini tidak ada mitra Gojek di Gojek Pekanbaru yang terpapar atau positif Covid 19. Belum ada, karena memang kami menerapkan sistem kesehatan yang ketat dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah maupun WHO," tegasnya.

Bahkan, jika ada mitra yang terbukti positif, maka Gojek akan memberikan santuan sebesar Rp 1,4 juta untuk minta Gojek sedangkan mitra GoCar akan mendapatkan sebesar Rp 2,8 juta.

"Tetapi memang sekarang, kalau ada yang terduga maka mereka para mitra bisa langsung menyampaikan informasi itu melalui online ke pusat, dan jika terbukti positif Covid 19, maka akan mendapatkan dana santunan yang ditransfer melalui rekening. Tapi sekali lagi, sejauh ini belum ada laporan minta kita dinyatakan positif Covid 19," ujarnya.

Dikatakan, upaya lain dalam menjaga kebersihan ekosistem adalah dengan menerapkan protokol kebersihan bagi mitra usaha GoFood. 

“Mitra GoFood juga selalu diimbau untuk menyediakan wastafel dan hand sanitizer bagi mitra driver, dan menjaga makanan tetap higienis,” katanya. 

Sedangkan jaga keamanan di dalam inisiatif J3K dijelaskan Gilang, merupakan program Gojek dalam memberikan perlindungan untuk keamanan bersama. Di dalam aspek ini, Gojek memberikan informasi suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan yang dapat dilihat pelanggan di aplikasi. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00