Semester I 2020, Realisasi Anggaran di Riau Tinggi

KBRN, Pekanbaru : Realisasi anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Provinsi Riau cukup tinggi. Data Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau, sampai semester pertama tahun 2020 sudah mencapai 99,43 persen dari total alokasi sampai semester pertama.

Hal itu dikatakan oleh kepala kantor DJPB Provinsi Riau, Bakhtaruddin, Senin (13/7/2020) di Pekanbaru.

Dia mengatakan pihaknya mengapresiasi tingginya penyerapan anggaran di tengah pandemi covid 19. Tingginya serapan anggaran membuat serapan anggaran di Provinsi Riau sebagai peringkat dua se Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi realiasi anggaran TKDD di Provinsi Riau. Tingginya realisasi membuat Riau berada di urutan kedua realisasi pencairan anggaran untuk semester pertama tahun 2020," katanya.

Menurutnya, sedangkan penyerapan anggaran di instansi vertikal yaitu kementerian/lembaga (K/L) juga masih berjalan sesuai alurnya yaitu mencapai 43 persen. Sehingga pengaruh covid 19, tidak berpengaruh signifikan terhadap penyerapan anggaran.

"Pencairanny juga on the track, jadi sepertinya pandemi Covid 19 tidak berpengaruh signifikan. Tetapi kami tetap mendorong agar semua instansi K/L maupun pemeintah daerah dapat merealisasikan anggaran dengan baik," pintanya.

Pada kesempatan itu, Bakhtaruddin menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan Presiden, untuk mengantisipasi dampak pelemahan ekonomi global penting  dilakukan percepatan pelaksanaan anggaran di awal tahun, baik itu untuk belanja K/L maupun transfer ke daerah.

Salah satu percepatan pelaksanaan anggaran yaitu dengan sesegera mungkin merealisasikan anggaran, salah satunya yaitu Dana Desa dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Terkait hal tersebut Dirjen Perbendaharaan menyampaikan bahwa untuk tahun 2020 ada perubahan mekanisme penyaluran dana APBN untuk Dana Desa dan BOS.

“Untuk mempercepat dana APBN sampai ke masyarakat, penyaluran Dana Desa dan BOS mulai tahun 2020 ada perubahan salah satunya yaitu dana APBN dari Rekening KUN langsung ditransfer ke rekening penerima,” ungkapnya. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00