Layanan Perpajakan Tanpa Tatap Muka Diperpanjang Hingga 14 Juni 2020

KBRN, Pekanbaru : Menyikapi perkembangan terkini penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, Ditjen Pajak memperpanjang pelayanan perpajakan di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) tanpa tatap muka hingga 14 Juni 2020.

Syarifuddin Syafri selaku Plt Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan Dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Djp Riau menjelaskan, Wajib Pajak tetap dapat menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan maupun Masa melalui e-Filing ataupun e-Form di laman www.pajak go.id.

"Sedangkan untuk SPT Masa yang sesuai ketentuan belum wajib disampaikan secara e-filing dapat disampaikan melalui pos tercatat," katanya, Selasa (6/4/2020).

Permintaan aktivasi EFIN bisa disampaikan melalui email KPP masing-masing yang dapat dilihat di  www.pajak.go.id/unit-kerja).

Sedangkan permintaan lupa EFIN dapat dilakukan melalui akun twitter @kring_pajak, Live Chat pada situs web www.pajak.go.id ataupun email resmi KPP.

"Wajib pajak tetap dapat berkonsultasi dengan Account Representative melalui telpon, email, chat, maupun saluran komunikasi daring lainnya," katanya.

Terkait itu, ia jelaskan, Call Center Direktorat Jenderal Pajak (Kring Pajak) mengalihkan sementara layanan konsultasi melalui nomor telepon 1500200 ke sejumlah kanal.

Layanan dimaksud bisa melalui akun Twitter @kring_pajak;email informasi@pajak.go.id untuk informasi perpajakan; email pengaduan@pajak.go.id untuk layanan pengaduan; dan Live Chat pada situs web www.pajak.go.id.

Masyarakat bisa mendapatkan  panduan pelayanan terkait perpajakan tanpa tatap muka dapat melalui tautan https://pajak.go.id/covid19.

"Bagi Wajib Pajak yang akan menyampaikan pemberitahuan atau memperoleh surat keterangan yang diperlukan sebagai syarat untuk mendapatkan insentif perpajakan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 44/PMK.03/2020, Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan aplikasi online yang dapat diakses oleh wajib pajak dengan login pada lawan www.pajak.go.id dan menyampaikan pemberitahuan atau pengajuan surat keterangan yang tersedia pada menu Layanan – Info KSWP – Profil Pemenuhan Kewajiban Saya. Selain pelayanan perpajakan, selama masa pembatasan ini proses komunikasi dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan pajak juga akan dilakukan melalui surat menyurat, telepon, email, chat, video conference dan saluran online lainnya," rincinya. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00