BI Riau Siapkan Rp 4 Triliun Lebih Untuk Nataru

KBRN, Pekanbaru : Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang dengan menggandeng sebanyak 43 perbankan, layanan penukaran berlangsung Senin-Jumat, 9-14 Desember 2019 dengan lokasi penukaran uang di halaman kantor BI Riau di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru.

I Gusti Made M selaku Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah, Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, saat pembukaan, Senin (9/12/2019) menjelaskan seluruh bank umum yang ada di pekanbaru dilibatkan pada kegiatan penukaran uang, dengan jadwal sebanyak 7 bank bergantian setiap harinya.

"Maka kami mengajak masyarakat untuk datang dan melakukan penukaran uang pecahan kecil di tempat ini. Memang di perbankan juga bisa dilakukan penukaran," urainya.

Sementara itu, Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan BI Perwakilan Riau, Jonataruli Sidabalok menjelaskan kegiatan layanan penukaran uang pecahan kecil dimaksud juga akan dibarengi dengan mengajak masyarakat penukar mengenal ciri-ciri keaslian uang rupiah, sehingga layanan tidak saja terhadap uang kecil, tetapi masyarakat juga bisa menukarkan uang lusuh atau tidak layak edar.

Dikatakan, kegiatakan itu dalam rangka memberikan pelayanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat, khususnya menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Penukaran uang pecahan kecil ini dibuka mulai Senin sampai dengan Jumat, dari tanggal 9 - 13 Desember 2019. Mulai pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB, bertempat di Kantor Bank Indonesia Provinsi Riau.

"Tujuan layanan penukaran uang pecahan kecil oleh Bank Indonesia dan perbankan adalah menarik uang tidak layak edar, dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan kecil yang masih layak edar untuk kebutuhan transaksi sehari-hari," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, Bank Indonesia selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam memberi layanan penukaran uang pecahan kecil yang masih layak edar secara cuma-cuma.

Tidak hanya Bank Indonesia, Jonataruli mengatakan perbankan sebagai lembaga intermediasi juga harus memberikan layanan penukaran uang pecahan kecil yang masih layak edar kepada masyarakat baik di kantor-kantor bank maupun dalam kegiatan kas bank yang mobile.

"Layanan penukaran uang pecahan kecil oleh perbankan kepada masyarakat diberikan secara cuma-cuma. Seluruh perbankan di Kota Pekanbaru berpartisipasi dalam kegiatan layanan penukaran uang pecahan kecil," tuturnya.

Di mana, setiap hari selama kegiatan terdapat 7 bank yang akan bergantian memberikan layanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat.

"Bank Indonesia Provinsi Riau mengharapkan dan mengajak masyarakat Kota Pekanbaru untuk datang dan melakukan penukaran uang pecahan kecil di Kantor Bank Indonesia Provinsi Riau sebagaimana yang telah dijadwal," harapnya.

"Kegiatan layanan penukaran uang pecahan kecil ini akan dibarengi dengan mengajak masyarakat penukar mengenal ciri-ciri keaslian uang Rupiah," tambah Jonataruli lagi.

Dalam momentum ini, Bank Indonesia juga memveri pelayanan penukaran pecahan uang kecil melalui kegiatan kas keliling di tempat-tempat keramaian seperti pasar, terminal, dan tempat strategis lainnya.

Selain itu, menghadapi Idul Fitri dan Natal Bank Indonesia juga mengadakan berbagai pameran/expo di berbagai daerah di Riau.

Di antaranya, menggelar kas keliling di pulau-pulau 3T (terdepan, terluar, terpencil) bersama TNI Angkatan Laut, kas titipan di Dumai, Pasir Pangaraian, Selat Panjang dan Rengat, serta kas keliling skala besar (wholesale) kepada masyarakat dan badan usaha di Bagan Siapi-Api, Tembilahan, dan Bengkalis.

"Uang Rupiah merupakan salah satu simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, Bank Indonesia Provinsi Riau meminta kepada masyarakat untuk merawat uang Rupiah dengan baik melalui metode jangan dilipat, jangan diremas, jangan dicoret, jangan distapler, dan jangan dibasahi," ucapnya. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00