Tax Amnesty Jilid II Segera Berakhir 8 Hari Lagi

KBRN, Pekanbaru : Program pengungkapan sukarela (PPS) masih berlangsung hingga delapan hari ke depan.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau, Ahmad Djamhari mengatakan program itu sifatnya terbatas hanya berlangsung 1 Januari hingga 30 Juni 2022. Artinya, sebentar lagi program tax amnesty jilid II atau PPS akan berakhir.

PPS merupakan program untuk meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak dengan cara pengungkapan harta yang belum dilaporkan.

Di dalam PPS pemerintah memberikan kesempatan atas harta yang diungkapkan untuk dinvestasikan di dalam negeri.

Dikutip dari laman pajak.go.id, wajib pajak bisa mengakses PPS melalui aplikasi pengungkapan dan pembayaran lewat situs https://pajak.go.id/pps.

Berdasarkan data pajak per 22 Juni 2022 pemerintah berhasil mengungkap nilai harta bersih peserta PPS sebesar Rp 222,9 triliun.

"Pemerintah telah mengantongi PPh final sebanyak Rp 22,2 triliun. Selain itu, untuk deklarasi dalam negeri diperoleh Rp 193 triliun, dan deklarasi luar negeri mencapai Rp 17,8 triliun," jelasnya, Jumat (24/6/2022).

Menurut, Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari menyampaikan sampai dengan 11 Juni 2022, PPS telah diikuti 1215 wajib pajak yang  terdaftar di Kanwil DJP Riau dengan 1468 surat keterangan. Pajak Penghasilan (PPh) yang diterima dari PPS ini telah mencapai Rp 198,48 miliar dari total pengungkapan harta bersih sebesar Rp 1,98 triliun dengan rincial Rp 1,47 T berasal dari deklarasi dalam negeri dan Rp 87,21 M dari deklarasi luar negeri. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar