Kendalikan Inflasi Daerah, BUMD dan BUMDes Diajak Ikut Berperan

KBRN, Pekanbaru - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution berharap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pada sektor pangan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ikut mendukung menjaga pengendalian inflasi daerah.

Diungkapkan, perlunya memperkuat kinerja BUMD sektor pangan, BUMDes terhadap pemenuhan ketersediaan dan akses distribusi pangan daerah sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi daerah.

"Dimana BUMD agar ikut serta secara aktif dalam upaya pengendalian harga dan melakukan kegiatan perdagangan komoditas pangan di Provinsi Riau," ungkapnya, di Ruang Mahligai Ballroom Hotel Aryaduta Pekanbaru, Selasa (14/06/2022).

Menurutnya, melalui peran BUMD atau BUMDes dalam bentuk penugasan untuk menjaga ketersediaan  pasokan dan harga komuditas pangan  agar dapat mewujudkan upaya pengendalian inflasi daerah. Untuk itu, diperlukan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Riau.

"Dengan dilaksanakannya high level meeting TPID diharapkan kepada para bupati wali kota selaku ketua TPID kabupaten kota agar daat bersinergi dalam mengelola lajunya inflasi dengan menginventarisasi kembali program di masing - masing opd," ujarnya.

Selain itu, Wagubri berpesan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar lebih meningkatkan aktivitas komunikasi untuk mengelola permintaan secara aktif, berperan mengantisipasi potensi gejolak harga, dengan meningkatkan koordinasi antar masing - masing anggota yang berpotensi mempengaruhi tingkat inflasi.

Oleh karenanya, Wagubri menyampaikan TPID Provinsi Riau perlu menyusun mekanisme kerja dan koordinasi antar provinsi dan TPID antar kabupaten kota untuk meningkatkan  efektiftitas upaya - upaya pengendalian harga di Provinsi Riau.

"Namun,  perlu menjadi perhatian kerjasama dalam bentuk formal antar daerah teurtama dengan sentra produksi pangan seperti di sumatera barat, sumut, beberapa pemasok dari jawa juga agar terus di bina," katanya.

Diharapkan, melalui kegiatan high level meeting pengendalian inflasi di daerah khususnya di Provinsi Riau agar dapat menjadi perhatian, agar terbentuk sinergitas antara daerah dalam upaya menekan laju inflasi di daerah.

"Semoga memberikan dampak yang luas untuk kesejahteraan masyarakat luas Riau. kuncinya adalah koordinasi yang baik antar lintas sektoral agar  harga stabil dan kebutuhan pokok pun terjaga," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar