Transformasi BRK ke Syariah, Buka Peluang Kerjasama dengan Negara Muslim

Pengamat Ekonomi Universitas Riau, Edyanus Herman Halim

KBRN, Pekanbaru : Pengamat Ekonomi Universitas Riau, Edyanus Herman Halim memandang transformasi Bank Riau Kepri yang awalnya konvensional menjadi syariah membuka peluang bagi BRK untuk membangun kerjasama dengan negara muslim. Termasuk dalam hal pengurusan haji dan umrah. 

Peralihan ini tentunya juga memberikan dampak positif dalam menciptakan peluang bisnis yang lebih prospektif di masa yang akan mendatang, artinya peluang bisnis ini tak hanya dapat dinikmati oleh nasabah BRK yang muslim namun juga bagi nasabah BRK yang non Muslim. 

“Sebelum ini hanya ada unit usaha syariah yg modalnya relatif kecil. Kalau sekarang sudah dapat mengandalkan modal yang lebih besar karena tidak hanya sebagai unit usaha saja tetapi perusahaannya sudah berbentuk usaha syariah,” ujar Edyanus dikutip dari mediacenterriau.go.id, Sabtu (21/5/2022).

Menurut Edyanus perubahan BRK menjadi syariah dapat mendorong pembiayaan UMKM dengan lebih luas, khususnya pada usaha masyarakat yg selama ini tidak berkenan didukung oleh bank konvesnsional. 

“Mereka ingin mendapatkan modal tetapi sumber modal berbasis syariah masih terbatas. Masuk BRK ke usaha berbasis syariah ini dapat menjadi tulang punggung oleh UMKM tersebut,” ujar ekonom Universitas Riau ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar