215 UMKM di Riau Lakukan MoU Dengan Perusahan Untuk Kembangkan Usaha

KBRN, Pekanbaru : Sebagai bentuk komitmen dalam memberdayakan UMKM untuk mendukung investasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau memfasilitasi dilakukannya penandatanganan MoU antara pelaku usaha atau perusahaan dengan UMKM yang ada di Riau.

Adapun yang melakukan MoU pada hari ini sebanyak 215 UMKM, yaitu 150 UMKM dengan grup IKPP dan 65 UMKM dengan pasar buah yang disaksikan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Kepala DPMPTSP Provinsi Riau Helmi mengatakan, selain penandatanganan kerja sama, dalam kegiatan ini juga sekaligus dilakukan bimbingan teknis atau sosialisasi kemudahan usaha bagi UMKM.

Dijelaskannya ini adalah b imntukplementasi BKPM nomor 1 tahun 2022 tentang kemitraan pelaku perusahaan besar dengan UMKM, yang mana ini terbit pada 11 Februari 2022 lalu.

"Hari ini kita mulai 215 UMKM dan kedepannya akan lebih banyak lagi. Kami punya target, semakin banyak UMKM bermitra dengan perusahaan kami yakini akan menambah tenaga kerja yang cukup signifikan dan tentu saja berbanding lurus dengan terjadinya pengurangan angka pengangguran," katanya, di Pekanbaru, Selasa (17/05/2022).

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar yang menyaksikan penandatangan MoU tersebut menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, ini merupakan wujud komitmen bersama antara Pemprov Riau dan pelaku usaha dalam mendorong dan menciptakan usaha yang kondusif.

Selain itu Gubernur menjelaskan, kegiatan ini juga langkah awal dalam upaya mewujudkan pemerataan perekonomian dan mendorong pertumbuhan ekonomi mikro, kecil dan menengah di daerah.

"Hal itu akan mendorong pertumbuhan UMKM yang ada di Provinsi Riau sebagai wujud dan harapan untuk membuka lapangan kerja dan pengurangan dini rasio antara yang miskin dan kaya," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar