Rp 5,2 T Uang Tunai Didistribusikan Selama Lebaran di Riau

KBRN, Pekanbaru : Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, hingga, Kamis (28/4/2022) telah mendistribusikan uang tunai sebanyak Rp5,2 triliun untuk keperluan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H.

Hal itu dikatakan oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Riau Bidang Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Internal Asral Mashuri.

Dia mengatakan, hari terakhir penarikan uang oleh Bank ke BI sekitar Rp456 miliar. Sedangkan permintaan uang tunai menjelang Idul Fitri tahun ini meningkat hingga Rp700 miliar jika dibandingkan momen Lebaran tahun lalu.

"Kami awalnya memprediksi tahun ini kebutuhan uang tunai jelang Lebaran mencapai Rp5,02 triliun karena tahun ini ada kebijakan cuti bersama dan diperbolehkannya mudik oleh pemerintah,” ujarnya, Selasa (17/5/2022).

“Namun kenyataannya sampai Kamis,i Bank Indonesia Riau sudah menyalurkan Rp5,2 triliun atau naik Rp700 miliar dibandingkan tahun lalu," imbuhnya.

Peningkatan permintaan uang tunai tersebut tambah Asral, didorong adanya kebijakan dibolehkannya mudik oleh pemerintah yakni dengan memberikan cuti bersama Idul Fitri selama empat hari kerja sehingga total libur Lebaran tahun ini mencapai selama 10 hari.

"Meski demikian kenaikan permintaan uang tunai itu disebut masih dalam tahap wajar dan tidak terlalu bergejolak," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar