BPS Riau Canangkan Satu Kecamatan Satu Desa Cantik

KBRN, Pekanbaru : Dalam rangka mewujudkan visi Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyedia data statistik berkualitas untuk indonesia maju dan misi untuk membina kementerian/lembaga/satuan kerja perangkat daerah/institusi lainnya melalui sistem statistik nasional yang berkesinambungan, BPS Provinsi riau melaksanakan kegaitan Akuistik : Satu Kecamatan Satu Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), secara dalam jaringan, Rabu (26/1/2022).

Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin saat menyampaikan sambutan sekaligus sebagai keynote speaker menjelaskan perencanaan pembangunan desa yang terfokus pada upaya mewujudkan peningkatan kualitas hidup manusia, peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan penanggulangan kemiskinan harus didukung ketersediaan data dan informasi yang faktual dan valid sebagai salah satu inputnya.

"Untuk itu perlu dilakukan penyelenggaraan statistik sektoral di level desa sesuai dengan kaidah dan norma dalam sistem statistik nasional," jelasnya.

Dikatakan, fokus program Desa Cinta Statistik adalah optimalisasi sistem informasi desa yang berbasis masyarakat, agar desa mampu menyusun dan menghasilkan data yang bersifat mikro dengan by name, by address sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

"Maka pada quickwins BPS Provinsi Riau 2022 udah ditetapkan satu kecamatan satu desa cantik di Provinsi Riau," jelasnya.

Kegiatan itu menghadirkan Widi Pranowo dari BPS Kabupaten Wonosobo dan Agung Hartadi dari BPS Kabupaten Bandung sebagai nara sumber, dikuti para pihak terkait khususnya jajaran BPS se Provinsi Riau. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar