Disbun Rilis Daftar Lengkap Harga Sawit Bikin Petani Sawit Riau

KBRN, Pekanbaru : Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau merilis daftar harga kelapa sawit periode 26 Januari -1 Februari 2022 yang mengalami kenaikkan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikkan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 63,28/Kg atau mencapai 1,82% dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 3.533,81/Kg.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan harga jual CPO dan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

"Untuk harga jual CPO, PT. PN V mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 259,25/Kg dari harga minggu lalu, Sinar Mas Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 299,45/Kg dari harga minggu lalu, PT. Asian Agri mengalami kenaikan sebesar Rp. 289,57/Kg dari harga minggu lalu, PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 280,20/Kg dari harga minggu lalu," katanya, Selasa (25/1/2022).

Sedangkan untuk harga jual Kernel, Asian Agri Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp. 173,00/Kg dari minggu lalu, PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikkan harga sebesar Rp. 366,91/Kg dari harga pekan lalu.

"Sementara dari faktor eksternal, harga komoditas minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) kembali naik pada perdagangan senin pagi, harga Minyak sawit berjangka Malaysia berakhir pada rekor tertinggi. Palm Oil Analytics Singapura mengatakan bahwa kenaikan harga CPO pada tiga hari terakhir didukung oleh euforia atas kebijakan Indonesia terhadap ekspor," jelasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar