4 Langkah Strategis Hadapi Tantangan Ekonomi 2022

KBRN,Pekanbaru : Berbagai tantangan dalam upaya meningkatkan perekonomian Riau di tahun 2022 mendatang,maka untuk mengatasinya,terdapat empat langkah strategis yang dapat ditempuh.

Langkah pertama yang dapat ditempuh adalah dengan mendorong investasi untuk mendukung hilirisasi komoditas Riau karena sumber daya alam di Riau harus dioptimalkan hingga ke level produk akhir untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui ekspor.

Ekonomi Bank Indonesia Riau, Iganitius Adi Nugroho mengatakan, langkah kedua adalah dengan meningkatkan inklusi ekonomi dan keterhubungan rantai produksi lokal ke pasar global (local to global value chain) melalui enforcement terhadap program kemitraan sesuai peraturan gubernur riau nomor 77 tahun 2020.

“ Sema kemitraan memberikan peluang bagi petani rakyat untuk meremajakan tanaman,mendapatkan harga yang lebih layak dan sekaligus menjamin ketersediaan feedstock berkualitas untuk industri cpo yang berorientasi ekspor,” ucapnya. Sabtu  (22/01)

Langkah ketiga adalah melanjutkan implementasi digitalisasi dalam pengelolaan keuangan daerah.

Karena sumber-sumber pendapatan asli daerah terus didorong melalui kanal transaksi digital, untuk menciptakan efektivitas, efisiensi, dan transparansi keuangan pemerintah sehingga pada akhirnya meningkatkan produktivitas perekonomian di Riau secara keseluruhan.

Menurut Ekonomi bank Indonesia Riau, Iganitius Adi Nugroho, langkah keempat yaitu memperkuat infrastruktur dasar pendukung perekonomian. Dukungan infrastruktur diperlukan sebagai daya tarik investor untuk menanamkan modalnya. Penguatan diperlukan pada infrastruktur jalan, listrik, air, pelabuhan, hingga kawasan industri.

“Dalam melaksanakan berbagai langkah pemulihan ekonomi, diperlukan adanya sinergi yang baik antara pemerintah daerah, bank indonesia, perbankan dan berbagai pemangku kepentingan lainnya,” tutup  Iganitius Adi Nugroho (ts).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar