APBN Memiliki Peran Sentral Dalam PEN

KBRN, Pekanbaru : APBN memiliki peran sentral, khususnya pada penanganan kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi dan reformasi struktural . melalui program pemulihan ekonomi nasional.

APBN menjadi instrumen yang membantu rakyat, baik di bidang kesehatan, perlindungan sosial, usaha kecil menengah, hingga membangun infrastruktur.

Kepala Kanwil DJPB Provinsi Riau,Ismed Saputra menjelaskan, meningkatnya aktivitas ekonomi tidak lepas dari keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan kasus covid-19 dan dukungan kebijakan stimulus ekonomi. “Percepatan program vaksinasi di tahun 2021 serta program penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PC PEN) telah terbukti efektif dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi,” ucapnya. Sabtu ( 15/01).

Menurutnya,membaiknya perdagangan global dan kinerja perekonomian domestik mendorong kinerja APBN tahun 2021 khususnya dari sisi pendapatan negara yang melebihi target APBN maupun capaian pra pandemi di tahun 2019 yang diikuti dengan pemberian insentif perpajakan bagi dunia usaha.

“Di sisi lain peningkatan harga komoditas turut mendorong perbaikan kinerja penerimaan dari sisi PNBP,” ungkapnya.

Sementara itu, belanja negara yang responsif serta fleksibel dapat dioptimalkan terutama untuk penanganan pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional baik di tingkat pusat maupun daerah .(ts)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar