Indonesia Komitmen Terapkan Konsep Ekonomi Berkelanjutan

KBRN,Pekanbaru : Menteri  Perdagangan  Muhammad  Lutfi  menegaskan bahwa  Indonesia  menerapkan  konsep  ekonomi  berkelanjutan.

Di tengah situasi perdagangan dunia yang saat ini sedang tidak  menentu, Indonesia  bisa  dan  bertanggung  jawab  bukan  hanya kepada barang Indonesia, namun juga kepada hutan yang menjadi pijakan hidup bangsa Indonesia di masa sekarang dan yang akan datang.

Pesan penting tersebut disampaikan Menteri Perdagangan M.Lutfi saat melepas produk serat viscoserayon produksi PT Asia Pacific Rayon (APR) ke pasar global dan domestik di pangkalan kerinci kabupaten  Pelalawan, Provinsi  Riau.Rabu (01/12).

Mendag  juga  melepas  ekspor  kertas  paperone,  produksi  PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang telah dijual ke lebih dari 75 negara dengan total ekspor mencapai lebih dari 755.000 ton.

“ Pemerintah   akan   terus   menjaga   perdagangan   yang   baik   untuk meningkatkan ekspor sekaligus memulihkan ekonomi nasional secara berkesinambungan,” ucapnya.

Kementerian perdagangan akan terus menjaga situasi perdagangan  yang  baik untuk bisa menjadi penetrasi ke pasar dunia dan bersama-sama menjaga kesinambungan produk Indonesia di dalam negeri .

Sementara COO APRIL, Eduward Ginting menyampaikan meskipun dunia saat ini sedang menghadapi banyak tekanan di situasi  pandemi covid-19,produksi dan pemasaran produk serat viscoserayon APR tetap menunjukkan kinerja positif.

APR masuk ke pasar tekstil dunia dengan kriteria rayon viscose yang breathable, ringan ,lembut dan 100 persen disertifikasi berbahan baku alami, viscoserayon unggul dari bahan baku tekstil lainnya karena dapat terurai secara alami dan kembali menjadi kompos di tanah.

Produksi  serat viscoserayon APR  mencapai  300.000  ton  pertahun  dan  telah  diekspor  ke  22 negara,  saat  ini, APR  juga  tengah  mempersiapkan pembangunan tahap dua dan menggandakan kapasitas produksi menjadi 600.000 ton per tahun pada 2023 mendatang. ( ts)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar