DIPA dan Alokasi Dana TKDD Tahun Anggaran 2022 di Riau Diserahkan

KBRN, Pekanbaru : Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar beserta dengan Pimpinan DPRD Provinsi Riau, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau Bapak Ismed Saputra mewakili Kuasa Bendahara Umum Negara Kementerian Keuangan dan perwakilan Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan melakukan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran (TA) 2022, Rabu (1/12/2021).

Dalam siaran pers yang diterima, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau, Ismed Saputra menyampaikan bahwa acara tersebut dihadiri oleh Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau meliputi sebagian Pejabat K/L lingkup Provinsi Riau dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Riau sebanyak 42 undangan.

"Acaranya berlangsung pada hari ini Rabu tanggal 1 Desember 2021 pukul 08.30 WIB di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Jl. Diponegoro No.23 Pekanbaru yang dilakukan secara simbolis/luring," jelasnya.

Dikatakan, penyerahan DIPA dan Daftar TKDD TA.2022 tersebut juga dilakukan secara non simbolis yang dihadiri oleh kurang lebih 448 Pejabat K/L dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting.

Penyerahan DIPA dan Daftar TKDD TA.2022 lingkup Provinsi Riau merupakan kelanjutan pelaksanaan penyerahan DIPA K/L dan Daftar TKDD TA 2022 yang dilaksanakan secara terpusat oleh Presiden Republik Indonesia kepada Ketua dan Wakil Ketua Lembaga Tinggi Negara, Para Menteri dan Pimpinan Lembaga, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Gubernur dan Kepala Daerah di Jakarta pada hari senin, 29 November 2021.

"Kegiatan penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD merupakan momentum awal dari pelaksanaan APBN dan APBD TA 2022 diharapkan menjadi instrumen yang sangat penting, sehingga pembangunan dapat dilaksanakan dengan tepat waktu, tepat sasaran dan tepat kualitas serta akuntabel untuk memulihkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat sebagai perwujudan fungsi APBN yaitu fungsi alokasi, fungsi distribusi dan fungsi stabilisasi," ungkapnya.

DIPA dan Daftar Alokasi TKDD TA 2022 diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Provinsi Riau yang sampai dengan triwulan III 2021 tumbuh sebesar 4,10% (y-on-y) dalam kondisi perekonomian yang penuh dengan ketidakpastian, dimana pemerintah berhasil mengendalikan varian delta, namun pada sisi lain pemerintah dihadapkan pada varian baru yaitu Omicron Covid-19.

Penyerahan DIPA dan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2022 oleh Gubernur Provinsi Riau Kepada Para Pimpinan Satuan Kerja di Daerah, Para Walikota dan Bupati Se Provinsi Riau. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar