Disbun Kembali Rilis Harga Bokar

KBRN,Pekanbaru : Dinas Perkebunan Provinsi Riau kembali merilis harga bahan olahan karet rakyat di sejumlah daerah di Provinsi Riau yang merupakan harga berdasarkan hasil lelang.

Berdasarkan penjelasan harga komoditi perkebunan lainnya yaitu kelapa, kopra, sagu dan pinang periode lelang 4 oktober sampai dengan 10 oktober 2021 sebagaimana dirilis dinas perkebunan Provinis Riau bahwa harga bahan olahan karet rakyat (bokar) baik tingkat petani maupun di beberapa unit pengolahan dan pemasaran bokar (uppb) yang ada di kabupaten/kota provinsi Riau yang menjadi sumber data pada pekan kedua bulan oktober 2021 yaitu untuk harga bokar/karet ditingkat petani/kub kabupaten kampar sebesar Rp. 11.200,-/kg  tetap seperti harga pekan lalu.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja menjelaskan, di tingkat petani/kub kabupaten rokan hulu sebesar Rp. 10.891,-/kg / naik dari harga pekan lalu sebesar Rp 70,-/kg / tingkat petani/kub kabupaten rokan hilir sebesar Rp. 11.200,-/kg / turun dari harga pekan lalu sebesar Rp 300,-/kg.

“Dinas Perkebunan Provinsi Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani riau terus meningkat melalui upaya memperkuat kelembagaan petani karet untuk bergabung dalam uppb (unit pengolahan dan pemasaran bokar) sehingga mutu hasil karet rakyat  menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat,” paparnya.

Sedangkan untuk tingkat apkarkusi di kabupaten kuansing  harga bokar sebesar Rp. 12.289,-/kg turun dari harga lalu sebesar Rp 60,-/kg, penurunan harga di kuansing dibenarkan Ketua Apkarkusi Sepriadi.

“Banyak faktor yang menyebabkan harga turun ,namun masih di tingkat keekonomian petani,” ungkap Sepriadi.

Harga di tingkat uppb kabupaten indragiri hulu sebesar Rp. 10.600,-/ kg,naik dari harga harga lalu sebesar Rp 100,-/kg, untuk harga bokar ditingkat pabrik (gapkindo) kkk 100 persen untuk pekan ini sebesar Rp 22.600 mengalami kenaikan harga dari pekan lalu sebesar Rp 100,-/kg.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00