Komisi V DPRD Riau Apresiasi Proses Alih Kelola SDM PHR

KBRN, Pekanbaru : Komisi V DPRD Provinsi Riau bidang kesejahteraan rakyat melaksanakan kunjungan kerja pertama ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) hari ini.

Rombongan dipimpin oleh Ketua Komisi V Eddy A. Mohd Yatim. Turut hadir pada kunjungan ini Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bengkalis Kholijah, SPdi.

Vice President Corporate Affairs PHR Sukamto Tamrin pada kesempatan ini menyampaikan bahwa proses peralihan SDM dari CPI menjadi pekerja PHR telah dilaksanakan dengan lancar.

Sebanyak 2.687 pekerja CPI bergabung dengan PHR. Di mana 65% pegawai PHR merupakan warga Provinsi Riau. Begitu pula dengan pekerja mitra kerja, 85% dari total 22.068 pekerja mitra kerja juga merupakan warga Provinsi Riau.

“Saat ini PHR sedang melakukan kajian terhadap kebutuhan SDM untuk menunjang beberapa aktivitas bisnis dalam rangka peningkatan produktifitas. Nantinya kajian tersebut akan menjadi dasar pertimbangan PT Pertamina untuk menentukan langkah selanjutnya,” jelas Sukamto, dalam siaran pers, Sabtu (18/9/2021).

Pada saat sesi diskusi, Komisi V DPRD Riau menyampaikan beberapa masukan dan harapan agar sebanyak mungkin tenaga kerja lokal dapat diserap pada berbagai kegiatan operasi PHR serta mitra kerjanya sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Bengkalis, Kholijah SPdi. Beliau menyampaikan juga perlunya peningkatan kapasitas tenaga kerja lokal dimana saat ini telah berdiri Balai Latihan Kerja (BLK) Bengkalis di Duri yang baru saja didirikan pada awal 2021.

Pada kesempatan itu, VP Corporate Affairs PHR menyampaikan gagasan kemungkinan kerjasama PHR dengan Disnaker Bengkalis guna peningkatan kapasitas tenaga kerja lokal dengan mengoptimalisasi balai latihan kerja Bengkalis.

Selain masalah ketenagakerjaan, KomisI V DPRD Provinsi Riau menyampaikan beberapa aspirasi dari masyarakat Riau antara lain program CSR, pembangunan sekolah, jalan operasi, LBD dan lain-lain.

"Kami sebagai DPRD Provinsi Riau yang bertugas sebagai fungsi pengawasan ingin melihat langsung proses peralihan. Kami melihat tidak ada yang perlu dikhawatirkan, semua berjalan dengan baik dan lancar,” kata Eddy A. Mohd Yatim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00