Komisi III Sidak Ke BUMD PT.PER

KBRN,Pekanbaru : Sidak ke BUMD  plat merah  PT PER, Komisi III DPRD Riau heran  laba yang di terima dari deposito bukan dari hasil usaha .

Dalam rangka fungsi pengawasan ,Komisi III DPRD Riau membidangi pendapatan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke salah satu  BUMD milik Pemprov Riau ,  PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PER) .

Ketua Komisi III DPRD Riau, Husaimi Hamidi,kamis ( 17/06/21) mengatakan, dari sidak tersebut diketahui bahwa PT.PER memang mendapatkan laba bersih sekitar Rp 1,5 Milyar. Namun, laba itu bukan dari kinerja melainkan dari bunga deposito.

“Manajemen PT.Per dapat laba dari bunga deposito, kemudian ditambah pelepasan aktiva sebesar Rp 138 juta bukan karena kinerja. Dan yang lebih parahnya, deposito sebesar Rp 3,1 M ini diberikan kepada bank daerah lain, yakni Bank Banten,”tegas Husaimi.

Sementara, Pemprov Riau punya Bank Riau Kepri, seharusnya PT. PER mendepositokan uang tersebut ke  Bank Riau Kepri (BRK), mengingat BRK adalah bank milik pemerintah daerah.

“PT.PER ini mesti berpikir bagaimana membangun Riau, pihaknya minta dalam tiga bulan deposito harus segera dialihkan ke BRK. Supaya uangnya bisa diputar BRK dan deviden BRK meningkat. Intinya, antar sesama BUMD harus saling mendukung,” ungkap Husaimi.

Komisi III juga menyoroti kantor cabang PT PER di Pekanbaru yang 'menumpang' di kantor PT PER, namun mereka tidak membayar uang sewa, padahal secara manajemen mereka sudah terpisah.

“Disatu sisi kantor PT PER yang terlalu besar dan memakai tiga ruko, sehingga mubazir , hanya buang uang karena banyak ruang-ruang kosong, seharusnya manajemen bisa menyewakan ruangan tersebut dan menambah pendapatan untuk PT PER. Manajemen harus mampu melakukan  efisien anggaran agar laba bisa besar,” tutur Husaimi. (Ilustrasi/ LZ )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00