Pemprov Riau Dukung UMKM dan IKM Dapat Sertifikat SNI

Wagubri Edy Natar Nasution dan Kepala BSN Kukuh S. Achmad tinjau produk IKM terima sertifikat SNI
Wagubri Edy Natar Nasution dan Kepala BSN Kukuh S. Achmad saat perscon

KBRN, Pekanbaru : Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Provinsi Riau memiliki potensi besar untuk dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya dari luar daerah maupun luar negeri.

Namun UMKM dan IKM yang ada di Provinsi Riau masih banyak yang belum memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga banyak produk UMKM dan IKM Riau yang tidak dapat masuk ke pasar global.

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendorong pelaku UMKM dan IKM yang jumlahnya cukup banyak di Riau untuk mengurus sertifikat SNI agar produk yang dihasilkan memiliki standar ukur yang jelas dan konsumen juga akan merasa aman dengan produk yang dibelinya.

"Di Riau UMKM dan IKM cukup banyak, dan memiliki potensi yang besar untuk dapat bersaing di pasar global. Namun yang menjadi kendala UMKM dan IKM belum banyak mempunyai sertifikat SNI, karena kita dorong mereka untuk segera mengurusnya, "katanya, Kamis (17/06/21).

"Dengan adanya sertifikat SNI, maka konsumen juga dapat percaya bahwa produk yang dihasilkan UMKM dan IKM dapat dipercaya  dan aman, karena sudah ada sertifikasinya, "jelasnya.

Sementara Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad menuturkan pihaknya siap memfasilitasi UMKM dan IKM di Riau yang ingin mengurus sertifikasi SNI, apalagi sekarang di Riau sudah ada Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN yang siap mendampingi pelaku usaha jika ingin mengurus sertifikat SNI.

"Kita dari BSN siap membantu pelaku UMKM dan IKM di Riau jika ingin mengurus sertifikat SNI, apalagi di Riau sudah ada KLT BSN yang siap membantu, agar produk yang dihasilkan pelaku usaha naik kelas, biar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya ditengah beratnya persaingan usaha saat ini, "ujarnya.

Di Provinsi Riau saat ini sudah ada enam IKM yang mendapatkan sertifikat SNI, dan 3 diantaranya menerima sertifikat SNI pada hari ini yang diserahkan langsung Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Kepala BSN Kukuh S. Achmad di Gedung Daerah Provinsi Riau, ketiga IKM itu adalah IKM Rumbio Jaya Steel, Madu Hutan Wilbi dan IKM Madu Kuansing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00