THR 2021 Untuk ASN Pusat, TNI/Polri dan PPNPN Dari APBN Telah Dibayarkan

KBRN, Pekanbaru : Dalam rangka meningkatan konsumsi masyarakat untuk mendorong daya ungkit ekonomi sehingga tercipta peningkatan pertumbuhan ekonomi dan bentuk penghargaan kepada ASN, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan diberikan THR yang berasal dari APBN dengan ditetapkannya PP Nomor 63 Tahun 2021.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Riau, Ismed Saputra menjelaskan pembayaran THR dalam rangka melaksanakan amanat PP tersebut dan Menteri Keuangan telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan yang bersumber dari APBN.

"Berbeda dari tahun sebelumnya, THR tidak diberikan kepada Pejabat Eselon I dan Eselon II, sedangkan THR tahun 2021 diberikan kepada seluruh Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan. Kepada PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, dan Pegawai Non-Pegawai Aparatur Sipil Negara yang bertugas pada Lembaga Penyiaran Publik," jelasnya, Selasa (11/5/2021).

Dikatakan, besaran THR yang dibayarkan sebesar gaji pokok ditambah tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

"Kepada calon PNS diberikan delapan puluh persen dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga tunjangan pangan, dan tunjangan umum, sesuai jabatannya dan/atau pangkat golongan/ruangnya. Kepada Pensiunan dan Penerima Pensiun diberikan pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan. Kepada Penerima Tunjangan diberikan sebesar tunjangan yang diterima oleh Penerima Tunjangan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," urainya.

Dasar pemberian THR tahun 2021 adalah gaji yang diberikan pada bulan April tahun 2021 dan tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain berdasarkan peraturan perundang-undangan. Pencairan THR tahun 2021 telah diajukan oleh satuan kerja ke KPPN mulai tanggal 28 April 2021.Seluruh dana untuk keperluanpembayaran THR telah dialokasikan pada DIPA masing-masing satuan kerja.

Sebagai langkah strategis untuk percepatan pembayaran THR bagi ASN dan PPNPN Pusat, KPPN sebagai kantor bayar tetap membuka layanan penerimaan dan pemrosesan SPM (Surat Perintah Membayar) dari Satuan Kerja pada hari libur, mengoptimalkan SDM dan memprioritaskan layanan untuk pembayaran THR.

Secara rinci dijelaskan, per tanggal 7 Mei 2021 (H-6 lebaran), telah dibayarkan 100 persen dibayarkan THR untuk ASN Pusat, TNI POLRI dan PPNPN Pusat, dengan rincian telah di bayarkan THR tahun 2021 untuk PNS Pusat, TNI POLRI dan PPNPN Pusat di provinsi Riau sebesar Rp.139.737.715.574,- untuk  36.684 Pegawai/PPNPN

"Jumlah Satuan Kerja penerima THR adalah 374 Satuan Kerja dari 36.684 Pegawai tersebut. Jumlah Surat Perintah Membayar atau Surat Perintah Pencairan Dana untuk THR 2021 adalah sebanyak 964 Lembar," rincinya.

Rincian THR 2021 adalah Sebagai Berikut :

a.    KPPN Pekanbaru membayarkan THR sebesar Rp. 99.612.999.069,- dengan jumlah Pegawai/PPNPN Penerima sebesar 25.914 orang yang berasal dari 209 Satuan Kerja.b.    KPPN Dumai membayarkan THR sebesar Rp. 23.675.615.305,- dengan jumlah Pegawai/PPNPN Penerima sebesar 6.410 orang yang berasal dari 99 Satuan Kerja.c.    KPPN Rengat membayarkan THR sebesar Rp. 16.449.101.200,- dengan jumlah Pegawai/PPNPN Penerima sebesar 4.360 orang yang berasal dari 66 Satuan Kerja.

Khusus untuk ASN Pemda, pencairan THR masih memerlukan Peraturan Kepala Daerah sebagai aturan pelaksanaan sementara aturan pokok pembayaran  tetap mengacu pada PP Nomor 63 Tahun 2021. Pelaksanaan realisasi pembayaran THR bagi ASN Pemda dapat dikonfirmasi pada masing-masing Pemerintah Daerah.

Pembayaran THR bagi penerima pensiun juga dilaksanakan serentak melalui pemindahbukuan ke rekening penerima pensiun yang telah terdaftar pada PT TASPEN dan ASABRI. Jadwal pembayaran THR akan diatur oleh PT TASPEN dan ASABRI.

"Untuk pemulihan ekonomi wilayah Provinsi Riau pada masa pandemi, diharapkan seluruh THR baik untuk ASN Pusat maupun Pemerintah Daerah telah tuntas dibayarkan sebelum hari raya," urainya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00