Keunggulan SDM dan Inovasi Jadi Modal Elnusa Petrofin Salurkan BBM di Riau

KBRN, Pekanbaru: Keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Inovasi Modal Utama Elnusa Petrofin Menjadi Ujung Tombak Pertamina (Persero) Salurkan BBM di Propinsi Riau.

Hal itu terungkap saat PT Elnusa Petrofin (EPN) melalui Tim Corporate Communication menggelar buka puasa bersama dengan sejumlah rekan media di Pekanbaru, Riau, Kamis (15/4/2021).

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut, Putiarsa Bagus Wibowo selaku Corporate Communication Head Elnusa Petofin menjelaskan mengenai operasional dan lini bisnis EPN di Indonesia khususnya di wilayah Riau.

Perlu diketahui, bahwa Elnusa Petrofin (EPN) didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk, dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina (Persero).

PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM , terutama Jasa Transportasi BBM, Energy Storage Management (Fuel, Gass, Aviation), Integrated Fuel Supply Trading dan Chemical Integrated Service. Selain itu Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina dalam menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara.

"Untuk wilayah Riau, Elnusa Petrofin mengelola Fleet Management di Fuel Terminal (Terminal BBM) Pertamina Sei Siak Pekanbaru serta Fuel Terminal Dumaisekitar tahun 2009. Saat ini EPN melayani distribusi BBM Pertamina dari Fuel Terminal Sei Siakke sekitar kurang lebih 236 SPBU di Pekanbaru dan berapa kabupaten di propinsi Riau serta didukung oleh sekitar 103 mobil tangki dan 253 Awak Mobil Tangki (AMT)," jelasnya.

Sedangkan untuk Fuel Terminal Dumai lanjutnya, Elnusa Petrofin mendistribusikan BBM Pertamina ke 86 SPBU di wilayah Dumai dan sekitarnya serta diperkuat oleh 131 Mobil Tangki dan 440 AMT.

"Elnusa Petrofin juga baru saja menggelar Groundbreaking pembangunan Terminal BBM Inhil yang terletak di Sungai Gantang Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Riau pada hari Rabu tanggal 14 April 2021. Nantinya Fuel Terminal Inhil ini akan semakin memperkuat ketahanan dan ketersediaan BBM Pertamina di Wilayah tersebut," ungkapnya.

Dalam menjalankan bisnis dan operasionalnya, Putiarsa menjelaskan bahwa Elnusa Petrofinmenjunjung tinggi integritas dan profesionalisme termasuk memastikan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul dengan pelatihan yang didesain sesuai kebutuhan, sistem reward and punishment yang berimbang serta evaluasi kinerja secara berkala dan menyeluruh. Hal ini merupakan implementasi kepatuhan terhadap Good Corporate Governance (GCG) dan menjaga kredibilitas perusahaan.

Putiarsa menambahkan, Elnusa Petrofin tidak lupa menerapkan teknologi terbaru seperti GPS Tracking, Anti Theft System, Buzzer Speed dll untuk menunjang keselamatan dan keamanan dalam menghantarkan BBM ke seluruh penjuru negeri.

“Seluruh upaya ini kami lakukan tidak lain sebagai bentuk tanggung jawab kami khususnya kepada Pertamina dan pada masyarakat secara umum” ujar Putiarsa.

Berbicara mengenai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), selama tahun 2020, Elnusa Petrofin telah mengadakan CSR dengan total sebesar 161 kegiatan secara nasional termasuk di wilayah Riau. Kegiatan CSR tersebut antara lain penanganan COVID-19 seperti penyemprotan desinfektan di sejumlah perkantoran dan perumahan warga di ring 1 unit operasional.

Ditambah dengan pemberian sembako serta pembagian alat belajar kepada anak-anak untuk memenuhi kebutuhan di berbagai aspek. Dengan penjelasan dan pemaparan mengenai Elnusa Petrofin, Putiarsa berharap media dan masyarakat di wilayah Riah, semakin mengenal EPN dan sinergi harmonis dengan rekan media dapat berlangsung dengan baik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00