Akses Pendidikan Alquran Diperluas

KBRN, Pekanbaru : Kebijakan pengembangan pendidikan Islam Kementerian Agama mencakup tiga aspek, yaitu perluasan akses, peningkatan mutu dan daya saing serta tata kelola pendidikan. Sehingga akses pendidikan Alquran terus diperluas.

"Untuk memperluas akses pendidikan Alquran jajaran Kakanwil Kemenag Riau Dr H Mahyudin MA, didampingi Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Drs H Fairus MA dan Kasi Pendidikan Diniyah Takmiliyah dan Alquran Drs H Dahlan MA terus melakukan Sosialisasi Kepdirjen Nomor 91 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Alquran. Seperti baru-baru ini di Bengkalis, bertempat di Muhallah Kantor Kemenag Bengkalis," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin, Kamis (4/3/2021).

Mahyudin mengatakan, satuan pendidikan alquran adalah satuan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, menghafalkan, memahami, menafsirkan dan mengamalkan kandungan al Qur’an.

“Untuk itu, melalui sosialiasi ini kita harapkan agar kepala MDA, TPA dan lainnya bisa memahami tentang hal yang spesifik tentang pendidikan alquran, khususnya yang terbaru rumah tahfiz alquran yang saat ini vilar dan banyak diminati oleh masyarakat,” jelasnya.

Fairus menambahkan, seperti yang tertuang dalam Kepdirjen Nomor 91 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Alquran, ada enam jenis pendidikan lembaga pendidikan alquran, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini al Qur’an (PAUDQ), Taman Kanak Kanak Alquran (TKQ), Taman Pendidikan Alquran (TPQ), Taklimul Qur’an Lil Auld (TQA), Rumah Tahfidz al Qur’an (RTQ) dan Pesantren Tahfidz Al Qur’an (PTQ).

“Dalam Kepdirjen ini dijelaskan 6 jenias TPA yang masing- masing punya spesifikasi tersendiri, sehingga pembelajaran lebih fokus, misalnya ada tahfiz, tartil dan lainnya. Mudah- mudahan dengan sosialiasi ini akan lahir semua jenis TPA di setiap Kecamatan di Kabupaten Bengkalis,” harap Fairus.(TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00