Haul Tenas Effendi, TAM Wajid Diamalkan Dalam Prilaku Kehidupan

KBRN, Pekanbaru: Tunjuk Ajar Melayu (TAM) yang diajarkan almarhum Tenas Effendy sebaiknya tidak tinggal di buku tetapi wajib diamalkan dalam prilaku kehidupan, karena tunjuk ajar melayu berisi pernyataan yang bersifat khas, mengandung nilai nasihat dan petuah, amanah, petunjuk dan pengajar serta contoh teladan yang baik, sehingga dapat mengarahkan manusia pada kehidupan yang benar dan baik serta dalam keridhaan Allah SWT untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat.

Hal itu merupakan bahagian dari sarahan Prof DR Alaidin Koto saat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) mengelar perhelatan Haul VI H Tenas Effendy di Balai Adat LAMR, Rabu (3/3/2021) yang dilaksanakna secara langsung dan dalam jaringan.

Menurut Alaidin Koto, Alm Tenas Effendy adalah melayu jati yang tidak pernah tergantikan, yang telah mewariskan TAM yang sangat luar biasa seperti kelembutan bukan berarti kelemahan sehingga mengangkat khazanah melayu untuk kepentingan melayu ke depan.

"Dia mewariskan TAM yang sangat baik untuk kehidupan anak dan kemenakan. Jadi jangan dibuku saja, wajib dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari," pesannya.

Sementara iut, Ketum DPH LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar mengatakan almarhum Tenas Effendy adalah guru bagi orang melayu, TAM yang diwariskan menjadi pedoman dalam tatanan kehidupan.

"Alm Tenas Effendy adalah Melayu jati yang tak pernah tergantikan. Tunjuk ajar beliau sangat luar biasa. Kelembutnya bukan berarti kelemahan, dan begitu pentingnya beliau mengangkat khazanah Melayu untuk kepentingan Melayu ke depan," ungkapnya.

Disisi lain, Sekum MKA LAMR, Datuk Taufik Ikram Jamil mengingatkan bahwa TAM identik dengan almarhum Tenas Effendy. Seroang budayawan ternama asal Riau, TAM sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTK) Indonesia tahun 2017.

"Itu sudah ditetapkan dua tahun lalu, TAM itu sarat dengan petuah hidup yang jadi panduan hidup orang melayu," urainya.

Haul dihadiri pengurus LAM se Riau secara Daring dan undangan yang menyaksikan secara langsung. Alm H Tenas Effendy adalah salah seorang tokoh seniman dan budayawan Riau yang juga berperan berdirinya LAM Riau. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00