Semua Umat Muslim Berkeinginan Menjadi Orang Soleh

KBRN, Pekanbaru : Sebagai umat muslim, semua manusia berkeinginan menjadi orang yang soleh yaitu orang yang menjaga hubungan baik dengan Allah SWT yaitu menjalan perintah dengan meninggalkan larangan agama lalu menjaga hubungan baik pula dengan sesama yaitu menganggap sesama manusia sederajat dan saling membantu.

Hal itu disampaikan oleh Ustadz Sirojul Munir M.Sy saat menjadi penceramah dalam Tabligh Akbar yang merupakan puncak peringatan Hari Amal Bakhti (HAB) ke 75 Kementerian Agama 2021 tingkat Kota Pekanbaru, Jumat (8/1/2021) di Mesjid Ikhlas Beramal, Kantor Kemenag Kota Pekanbaru.

"Semua orang adalah sangat berkeinginan menjadi orang Sholeh. Orangtua menginginkan anak yang soleh, menginginan pasangan yang sholeh," jelasnya.

Dikatakan, keinginan untuk menjadi orang sholeh tersebut tidak hanya disampaikan oleh manusia biasa, bahkan para Nabi pun mengingingkan menjadi orang sholeh. Seperti Nabi Ibrahim dalam do’anya robbi habli minas sholihin.

"Dalam shalat pada tahyat akhir kita juga berdo’a untuk menjadi ‘ibaadikasshoolihiin. (hamba yang sholeh)," ungkapnya.

Begitu juga dengan manusia, yaitu Orang tua yang jahat sekalipun jika ditanya, mereka pasti menginginkan anak yang sholeh. Pegawai Kemenag juga ingin menjadi orang sholeh. Sedangkan kesholehan seseorang ukurannya bukan dilihat dari penampilan. Tetapi Kesholehan diukur dari "tuntansnya" urusan dengan Allah dan "tuntasnya" urusan dengan sesama manusia.

"Orang yang mampu berterima kasih kepada manusia, pastilah dia mampu untuk bersyukur kepada Allah. Tidak ada yang berat bagi yang biasa dan tak ada yang ringan bagi yang tak biasa. Jangan jadi seperti penjahit baju, bisa mengukur orang lain tapi tak bisa mengukur diri sendiri," katanya berumpama.

Pelaksanaan Tabligh Akbar yang merupakan rangkaian dari Semarak HAB ke- 75 tahun 2021 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Acara ini dihadiri oleh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Edwar S Umar menjelaskan bahwa tabligh akbar yang dilaksanakan merupakan rangkaian akhir dari kegiatan hab tahun ini dengan harapan insan kemenag mampu menjadi orang – orang yang sholeh.

"Jadilah orang - orang baik yang melayani masyarakat dengan iklas, karena kita sudah digaji oleh negara untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," pesannya.

Sedangkan Ketua Panitia HAB Tingkat Kemenag Kota Pekanbaru, Suhardi HS menyampaikan bahwa berbagai kegaitan pada pelaksanaan HAB tahun 2021 berlangsung sukses dan meriah.

Tabligh akbar selain dihadiri Kepala Kankemenag Kota Pekanbaru, Dr. H. Edwar S. Umar, M.Ag, juga Kepala Subbag TU, H. Abdul Wahid, S.Ag.,M.I.Kom, para Kasi/ Penyelenggara, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA se-Kota Pekanbaru, Pengawas dan Pegawai Kantor Kemenag Kota Pekanbaru. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00