17 Cagar Budaya di Pekanbaru Disosialisasikan

KBRN, Pekanbaru : Sebanyak 17 cabar budaya yang ada di Kota Pekanbaru disosialisasikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, Rabu (2/12/2020) kepada banyak pihak agar dapat dipelihara dan dikembangkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, Nurfasial saat membuka sosialisasi menjelaskan perkembangan Pekanbaru yang sudah tua. Sehingga  sampai saat ini memiliki cagar budaya bahkan mencapai 154.

'Namun yang sudah ditetapkan 17 dari 70 catatan cagar budaya yang ditemukan bersama LAMR Kota Pekanbaru," jelasnya.

Diakui, bahwa jumlah tersebut masih akan terus berkembang karena belum semuanya dikelola dengan baik. Seperti di daerah Okura, sehubungan dengan banyaknya cagar wisata, maka akan dijadikan sebagai pusat kebudayaan di Kota Pekanbaru, cagar budaya benda maupun tak benda.

"Untuk mendukung konsep tersebut, Okura sudah ditetapkan menjadi kampung ramah muslim atau destinasi pagi wisata halal," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan Seni dan Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, Syharul menyampaikan tujuan sosialisasi adalah mempromosikan dan melestarikan kepada masyarakat, karena masih banyak warga yang belum mengetahuinya.

"Cagar Budaya ini masih banyak yang belum tahu maka disosialisasikan agar dilestarikan dan dikembangkan," katanya.

Selain bernilai sejarah, 17 cagar budaya di Kota Pekanbaru yang ditetapkan juga memilik fungsi estetik, religius, sosial dan fungsi simbolik, peran pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam melestarikan cagar budaya karena masih banyak cagar budaya yang belum optimal fungsinya. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00