PGRI Riau Dorong Guru Honorer Ikut Rekrutmen PPPK

KBRN, Pekanbaru : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mendorong guru honorer ikut rekrutmen kategori Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dibuka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Hal itu dikatakan oleh Ketua PGRI Provinsi Riau, M Syafei kepada RRI, Jumat (27/11/2020).

Dia mengatakan pihaknya mendorong guru honorer ikut rekrutmen kategori PPPK.

"Bertepatan dengan peringatan hari guru nasional tahun 2020, maka kami mendorong guru honorer tidak melewatkan kesempatan untuk mengikuti PPPK sebab ada dua harapan yang pertama menjadi asn kemudian PPPK," jelasnya.

Dikatakan, bagi yang terbentur ASN karena faktor umur maka bisa memanfaatkan kesempatan melalui PPPK.

Ia mengatakan pihaknya mendorong guru honorer membekali diri untuk menghadapi rekrutmen dengan melakukan persiapkan dan mental karena pemerintah menginginkan guru yang berkompetensi dalam rangka meningkatkan kualitas guru.

"Kalau kualitas guru meningkat, maka kualitas pendidikan juga tentunya meningkat," urainya. (TS)

Sebelumnya, berdasarkan publikasi statistik pendidikan di Provinsi Riau pada tahun 2019 yang didasarkan pada data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau bahwa terjadi kesenjangan persentase guru yang layak mengajar di Riau.

Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin mengatakan guru yang telah memenuhi syarat kualifikasi akademik tersebut dikelompokkan sebagai guru layak mengajar oleh Kemendikbud. Berdasarkan jenjang pendidikan, terjadi kesenjangan persentase guru layak mengajar antara jenjang pendidikan SMA dan SMK, persentese guru layak mengajar pada jenjang SMA merupakan yang tertinggi di antara jenjang pendidikan lainnya yaitu sebesar 97,19  persen.

Sebaliknya, pada jenjang pendidikan SMK, persentase guru layak mengajar justru yang terendah yaitu sebesar 84,33 sedangkan pada jenjang pendidikan SD hingga SMA. Semakin tinggi jenjang pendidikan maka semakin tinggi pula persentase guru layak mengajar. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00